Rupiah Menguat Tajam di Rp15.338/USD pada Perdagangan Sore Hari Ini

Advenia Elisabeth
Rupiah Menguat Tajam di Rp15.338/USD Pada Perdagangan Sore Hari Ini.. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Nilai tukar rupiah menguat tajam 143 poin di level Rp15.338 per dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore hari, Kamis (12/1/2023).

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, menyatakan bahwa penguatan rupiah ini dipicu oleh sikap pelaku pasar yang merespon positif kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengubah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE).

Pelaku pasar merespon positif terhadap kebijakan ini, salah satunya adalah peraturan yang lama tentang devisa parkir di dalam negeri dan beberapa sektor baru masuk ke dalam daftar yang harus menempatkan DHE di dalam negeri.

Sementara itu, kewajiban eksportir untuk memasukkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) Sumber Daya Alam (SDA) ke dalam sistem keuangan Indonesia, dilakukan melalui penempatan DHE SDA ke dalam Rekening Khusus DHE SDA pada Bank yang Melakukan Kegiatan Usaha dalam Valuta Asing," jelasnya.

Adapun penempatan DHE SDA dalam Rekening DHE SDA sebagaimana dimaksud, menurut Peraturan Pemerintah (PP) ini, wajib dilaksanakan paling lama pada akhir bulan ketiga setelah bulan pendaftaran pemberitahuan pabean Ekspor.

Di samping itu, Ibrahim memprediksi bahwa untuk perdagangan besok, Jumat (13/1/2023) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp15.300 - Rp15.40.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network