Cerita Kepala Bappenas Jajal Kepintaran ChatGPT: AI Juga Bisa Salah

Ikhsan Permana SP/Eka DIan Syahputra
Cerita Kepala Bappenas Jajal Kepintaran ChatGPT: AI Juga Bisa Salah. Foto: Ilustrasi/MPI

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/ Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, menceritakan pengalamannya saat menjajal teknologi ChatGPT.

Teknologi tersebut pun adalah pengembangan dari teknologi kecerdasan buatan atau artifical intelligence (AI).

Menurut Suharso, ChatGPT sudah begitu padat pengetahuannya. Selain mengenali teks, namun telah dapat mengenali gambar, audio dan video.

"Kita tahu sekarang misalnya untuk GPT 3 dan GPT 4 mereka lebih padat, sekarang di GPT 4 dia sudah sampai 25.000 kata kemudian dapat mengenali teks gambar video dan audio," kata Suharso di acara diskusi panel dalam rangkaian Opening Ceremony of Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 yang dipantau secara virtual di Jakarta, seperti dilansir dari IDX Channel, Senin (8/5/2023).

Suharso mengatakan dirinya pernah menjajal ChatGPT dengan bertanya kepada chat bot siapa Suharso Monoarfa. Meskipun mendapatkan jawaban, namun ternyata tidak terlalu akurat.

"Saya juga pernah mencoba bertanya siapa Suharso Monoarfa? dia juga bisa menjawab. Kalau saya pakai GPT yang saya tidak langganan, tidak bayar, ya pendek saja dia jawab. Tapi pada umumnya juga banyak salahnya, hanya hal-hal yang terbaru yang dia bisa tahu," ungkapnya.


Dia menjelaskan, jawaban yang tidak akurat itu yakni saat chat bot menerangkan siapa orang tuanya.

"Mereka mengatakan bahwa saya ini, orang tua saya adalah dari Jawa Timur, pernah menjadi gubernur di Jawa Timur. Sudah dua hal yang salah, tapi itulah artificial intelligence juga bisa salah," ujarnya.

Meskipun demikian ia tetap mengakui kepintaran dari teknologi AI. Bahkan ia sempat curiga kalau staf-stafnya menggunakan chat bot untuk sekedar menjawab pertanyaannya.

"Saya sampai kadang-kadang curiga, saya punya staf itu kalau jawab pertanyaan saya itu yang jawab GPT 4 sekarang apa bukan," tandasnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network