Kehadiran Seniman Komedi PASKI Punya Pengaruh Besar Beri Kesadaran Publik Soal Hidup Bernegara

Vitrianda Hilba Siregar
Ketua Dewan Pembina Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) Erman Soeparno memberikan apresiasi kepada PSKI yang dipimipin pelawak senior Jarwo Kwat. Foto:Dok IPHI

JAKARTA, iNewsBekasi.id – Ketua Dewan Pembina Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) Erman Soeparno memberikan apresiasi kepada PASKI yang dipimipin pelawak senior Jarwo Kwat

Erman Soeparno mengatakan PASKI selama ini telah berperan dalam memajukan kesenian dan budaya bangsa. Sementara kehadiran organisasi ini tidak hanya meramaikan dunia komedi Indonesia, lebih daripada itu peran PASKI dapat meningkatatkan pendidikan dan kesadaran publik, tentang berbagai isu sosial, politik, dan ekonomi yang relevan. 

Foto: Jarwo Kwat

“Mereka dapat menggunakan hiburan untuk mendidik masyarakat tentang isu-isu penting yang berkembang di Indonesia saat ini,” ujar Erman Soeparno dalam keterangan tertulisnya Rabu (27/9/2023).

Erman berharap PASKI dipimpin Jarwo Kwat  harus bisa mengubah tontonan menjadi tuntunan
dengan pendekatan yang humor yang mendidik.

“Komedi dapat membuat proses pendidikan lebih menarik dan menyenangkan. Ketika orang tertawa, mereka lebih rentan untuk terbuka terhadap ide-ide baru dan pesan-pesan pendidikan,” sebutnya.

Melalui humor, kata dia, komedian dapat membahas isu-isu yang kompleks atau sulit dipahami dengan cara yang lebih mudah dicerna. Mereka dapat memecah isu-isu ini menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menjelaskannya dengan cara yang humoris. 

Komedi sering menggunakan satir untuk mengkritik atau menggambarkan masalah-masalah dalam masyarakat. Dengan cara ini, komedian dapat mengangkat isu-isu sosial atau politik yang penting sambil mempertanyakan status quo.

“Tentunya kritik Komedi yang membangun akan dapat diterima oleh semua pihak daripada Kritik yang kasar, pedas dan menimbulkan polemik,” sebut Erman Soeparno yang juga ketua umum DPP Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI).

Erman Soeparno juga menambahkan Jarwo Kwat juga ditetapkan sebagai  Ketua Lembaga Seni Budaya, Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI)

“Peran Jarwo kuat tidak hanya seorang komedian, tetapi salama belasan tahun membintangi cinema Dakwah Religi, yang ditayangkan setiap Bulan Ramadhan,” pungkasnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network