Hari Anak Indonesia, Pelindo dan Pokja JJU Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Pelajar

Yohannes Tobing
PT Pelindo 2 bersama Pokja Jurnalis Jakarta Utara menggelar pelatihan jurnalistik untuk pelajar. Foto/Yohannes Tobing

BEKASI, iNewsBekasi.id- Memperingati Hari Anak Nasional 2024, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok bekerja sama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Jakarta Utara (JJU) mengadakan pelatihan jurnalistik kepada pelajar. 

Executive General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri mengatakan, pelatihan jurnalistik ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pelindo Group.

Pelindo Group turut melibatkan anak perusahaannya, yakni PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC), PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS), dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI), untuk memfasilitasi program sosial dalam bidang pendidikan di momen Hari Anak Nasional ini.

"Ini yang kita lakukan, kegiatan-kegiatan yang sifatnya memberikan added value buat khususnya di level-level anak-anak dan sekolah," kata Adi di Museum Maritim Indonesia pada Rabu (24/7/2024).

Adi menuturkan, pihaknya rutin mengadakan program pemberdayaan anak tak cuma di Hari Anak Nasional, tapi di berbagai kesempatan. Tiap tahunnya, Pelindo Group rutin mengadakan program TJSL yang salah satunya adalah pemberian beasiswa kepada anak-anak kurang mampu di wilayah operasionalnya.

Di tahun ini, Pelindo menggandeng Jurnalis Jakarta Utara untuk memperkenalkan peran dan fungsi pelabuhan melalui edukasi jurnalistik kepada para pelajar setingkat SMA dan SMK. Adi berharap peserta pelatihan dapat menjadi penyambung lidah untuk memperkenalkan pelabuhan kepada masyarakat. 

"Ini harus kita terapkan kepada adik-adik kita, supaya mereka lebih paham lagi fungsi dan peran pelabuhan dan ini menjadi bagian dari generasi penerus kami yang akan melanjutkan bagaimana pelabuhan ke depan pengelolaannya," kata Adi.

Adapun dalam pelatihan jurnalistik yang digelar Pelindo dan JJU melibatkan puluhan pelajar yang terdiri dari sejumlah sekolah di wilayah Jakarta Utara dan wilayah operasional Pelindo Group yang dilakukan selama dua hari yakni 23 dan 24 Juli. 

Dengan mengusung tema "Mengenal Pelabuhan Melalui Edukasi Jurnalistik", para peserta akan mengikuti pembelajaran terkait dasar-dasar jurnalistik dan cara mengaplikasikannya ke dalam sebuah produk berita. Para peserta juga akan mengikuti tur keliling Pelabuhan Tanjung Priok. 

Sementara itu, Ketua Jurnalis Jakarta Utara Faqih Haitami menuturkan, dalam dua hari peserta pelatihan akan dibimbing oleh jurnalis-jurnalis profesional baik media cetak, daring, dan elektronik yang tergabung dalam Jurnalis Jakarta Utara untuk menyampaikan materi terkait dasar-dasar pembuatan berita.

Para peserta juga akan diberikan pelatihan peliputan langsung ke lapangan dalam kunjungan ke Museum Maritim Indonesia dan Indonesia Kendaraan Terminal (Terminal Internasional Branch Jakarta). 

Faqih mengatakan, pelatihan jurnalistik ini dilatarbelakangi kondisi anak-anak Jakarta Utara yang banyak terpapar pergaulan negatif di lingkungannya seperti di usia remaja, yang menghabiskan waktu mereka untuk terjun ke dalam kegiatan yang merugikan, salah satunya tawuran.

"Lewat pelatihan jurnalistik ini kami ingin mewadahi anak-anak untuk menyalurkan waktu mereka mengikuti kegiatan yang tak hanya positif, tapi memiliki manfaat besar bagi kehidupan mereka di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network