Ini Daftar 13 Segmen Megathrust yang Kepung Indonesia

Binti Mufarida
Peta sumber dan bahaya gempa BMKG mencatat ada sekitar 13 segmen megathrust yang mengelilingi Indonesia. Berikut sebarannya. (Foto: BMKG)

BEKASI, iNewsBekasi.id- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan gempa pada segmen megathrust di Indonesia bukan untuk membuat masyarakat ketakutan. BMKG mencatat ada sekitar 13 segmen megathrust yang mengelilingi Indonesia.

Megathrust adalah daerah pertemuan lempeng tektonik yang bisa menyebabkan gempa besar dan tsunami kuat. Menurut peta sumber dan bahaya gempa Indonesia BMKG, tercatat ada sekitar 13 segmen megathrust yang mengelilingi Indonesia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, peringatan dini gempa megathrust bukan berarti akan terjadi dalam waktu dekat. Pasalnya, gempa belum dapat diprediksi dan tidak ada yang tahu kapan terjadi.

“Tinggal menunggu waktu bukan berarti segera akan terjadi dalam waktu dekat. Kami katakan menunggu waktu, hal itu karena segmen-segmen sumber gempa di sekitarnya sudah release gempa besar (tinggal segmen tersebut yang belum lepas),” ungkap Daryono lewat akun X @daryonoBMKG, dikutip Kamis (15/8/2024).

BMKG sudah menyiapkan system monitoring, processing dan diseminasi informasi gempa bumi serta peringatan dini tsunami yang semakin cepat dan akurat.

BMKG, lanjut Daryono, selama ini telah memberikan edukasi, pelatihan mitigasi, drill, hingga evakuasi berbasis pemodelan tsunami kepada pemerintah daerah, stakeholder, masyarakat, pelaku usaha pariwisata pantai, industri pantai dan infrastruktur kritis (pelabuhan dan bandara pantai) yang dikemas dalam kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami (SLG), BMKG Goes To School (BGTS) dan Pembentukan Masyarakat Siaga tsunami (Tsunami Ready Community).

“Harapan kita, semoga upaya kita dalam memitigasi bencana gempa bumi dan tsunami dapat berhasil dengan dapat menekan sekecil mungkin risiko dampak bencana yang mungkin terjadi, bahkan hingga dapat menciptakan zero victim,” pungkasnya.

Berikut daftar 13 segmen megathrust yang mengepung wilayah Indonesia:

1. Megathrust Mentawai-Pagai, potensi gempa M8,9
2. Megathrust Enggano, potensi gempa M8,4
3. Megathrust Selat Sunda, potensi gempa M8,7
4. Megathrust Jawa Barat-Jawa Tengah, potensi gempa M8,7
5. Megathrust Jawa Timur, potensi gempa M8,7
6. Megathrust Sumba, potensi gempa M8,5
7. Megathrust Aceh-Andaman, potensi gempa M9,2
8. Megathrust Nias-Simeulue, potensi gempa M8,7
9. Megathrust Batu, potensi gempa M7,8
10. Megathrust Mentawai-Siberut, potensi gempa M8,9
11. Megathrust Sulawesi Utara, potensi gempa M8,5
12. Megathrust Filipina, potensi gempa M8,2
13. Megathrust Papua, potensi gempa M8,7
 


 

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network