MUFG Bank-Danamon Dukung Transisi Energi Indonesia

Wahab Firmansyah
MUFG Bank bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggelar MUFG Net Zero World (MUFG NOW). Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id— MUFG Bank bekerja sama dengan  PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggelar MUFG Net Zero World (MUFG NOW). Event ini bertujuan untuk melibatkan para pemangku kepentingan dari pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, hingga pakar industri dalam mendukung agenda keberlanjutan Asia.

Managing Executive Officer and Chief Executive for APAC, MUFG Bank, Ltd Masakazu Osawa mengatakan, acara ini berlangsung pada momentum yang penting dalam perkembangan Indonesia. 

Indonesia mengambil peran yang lebih sentral dalam urusan global melalui kepemimpinan di Presidensi G-20 dan Ketua ASEAN.  Pemerintah Indonesia juga berada di garis depan upaya iklim global, dengan berbagai jalur menuju net zero, termasuk fokus pada dekarbonisasi sektor tenaga listriknya.

"MUFG N0W mewakili upaya terbaru dalam mendorong kolaborasi sektor publik dan swasta menuju transisi energi Indonesia," kata Masakazu, Rabu (4/9/2024). 

Sebagai lembaga keuangan terkemuka di Indonesia, MUFG dan Danamon telah lima tahun memasuki kemitraan strategis. "Kedua bank ini secara konsisten menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan berkelanjutan negara ini sambil memperkuat hubungan bisnis bilateral dengan Jepang," ujarnya. 

Sementara itu Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakan, seiring dengan upaya Indonesia yang signifikan menuju net zero emission, peran sektor keuangan sangat penting dalam mendorong transformasi ini.

Ada empat strategi utama bagi bank untuk mendukung transisi ini yaitu melalui target dan objektif yang jelas, mengintegrasikan risiko iklim ke dalam operasional inti, memperluas penawaran keuangan berkelanjutan, dan memperkuat tata kelola serta akuntabilitas. 

"Transisi iklim bukan hanya keharusan dalam lingkungan, tetapi juga peluang strategis bagi Sektor Keuangan Indonesia. Bank memiliki peran penting untuk mengambil bagian dalam transformasi ini,” ujarnya. 

Sebanyak 200 klien C-Level dari MUFG dan Danamon menghadiri MUFG N0W, serta perwakilan kunci dari regulator dan kementerian. Dalam acara ini, terdapat dua diskusi panel penting yaitu Transisi Energi Indonesia: Finansial dan Kebijakan Imperatif dan Dari Rencana ke Aksi: Mengimplementasikan Net Zero dalam Peta Jalan Korporasi.

Head of ESG Finance APAC at MUFG Bank, Ltd. Colin Chen menuturkan, menyadari peran penting sektor keuangan dalam mendukung transisi energi Indonesia.
Dengan pertumbuhan ekonominya yang cepat dan ambisi net zero yang luas, potensi Indonesia untuk mendorong aksi iklim global sangat besar dan sejalan dengan komitmen keberlanjutan kelompok MUFG.

"Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya kami, kami bertujuan untuk mendukung perjalanan Indonesia menuju masa depan yang berkelanjutan, memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi dan pengelolaan lingkungan berjalan seiring," ujarnya.
 
Direktur Syariah & Sustainability Finance PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Herry Hykmanto menyampaikan, komitmen Danamon terhadap keberlanjutan adalah hal yang vital dalam strategi bisnis. 

"Sebagai bagian dari Grup MUFG, kami berkomitmen untuk mendukung tujuan Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau melalui serangkaian inisiatif berkelanjutan," ucapnya

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network