MIND ID Konsisten Jadi Arsitektur Hilirisasi Mineral Pertambangan Tanah Air

Kiswondari
MIND ID konsisten dalam transformasi perannya sebagai arsitektur hilirisasi mineral pertambangan nasional. Foto/Istimewa/Ilustrasi

BEKASI, iNewsBekasi.idBUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) konsisten dalam transformasi perannya sebagai arsitektur hilirisasi mineral pertambangan nasional. MIND ID pun secara proaktif mengawal langkah ekspansi dan diversifikasi bisnis anggotanya agar sejalan dengan target menjadi perusahaan kelas dunia, melalui upaya penguasaan cadangan, pengembangan bisnis hilir dan menjadi pemimpin di industri mineral.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, MIND ID merupakan salah satu contoh positif pembentukan holding di bawah Kementerian BUMN yang telah memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia.

Bahkan, BUMN bersama MIND ID sukses berkolaborasi dalam memastikan seluruh sumber daya alam yang dikuasai oleh negara dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi perekonomian nasional.

“Kami sangat detail menjadi arsitek daripada masing-masing holding. Kami bersama MIND ID masuk untuk membangun hilirisasi. Kami aktif mengarahkan menjadi arsitektur masa depan bisnis masing-masing perusahaan holding," kata Kartika dalam keterangannya, Kamis (19/9/2024). 

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengungkapkan, dalam menjalankan fungsi strategic active holding, perseroan konsisten untuk mewujudkan mandat dalam upaya peningkatan nilai tambah melalui hilirisasi komoditas pertambangan.

Dia melanjutkan, Grup MIND ID yang terdiri PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium, PT Timah Tbk, dan PT Vale Indonesia Tbk proaktif membangun aset hilirisasi, dan fokus untuk mengembangkan skala bisnis hilir secara lebih jauh. 

"Hal ini diwujudkan untuk memberikan nilai tambah dari mineral kelolaan mulai dari bauksit, tembaga, nikel, timah, hingga emas," ungkap Heri.

Selain itu, menurut Heri, Grup MIND ID juga membangun aliansi strategis untuk ekspansi bisnis baru hilirisasi dengan fokus untuk mendapatkan kapabilitas ataupun teknologi baru secara lebih efektif.

“Sebagai strategic holding yang mengemban amanat Pemerintah Indonesia, MIND ID terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Anggota agar dalam langkah diambil selaras dengan mandat yang diberikan negara," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network