Ini Susunan Pimpinan DPR 2024-2029, Puan Maharani Didapuk Ketua DPR RI

Kiswondari
Ketua dan Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029 mengikrarkan sumpah dan janjinya dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id- DPR RI telah menetapkan pimpinan DPR definitif dalam Rapat Paripurna yang digelar pada Selasa (1/10/2024) sore. Hasilnya, pimpinan DPR RI masih diisi wajah-wajah lama, seperti Ketua DPR RI yang diisi Puan Maharani dari Fraksi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Korpolkam) Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra.

Serta ada tiga orang baru yang mengisi posisi pimpinan DPR RI, seperti Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Saan Mustopa dari Fraksi Partai Nasdem dan Cucun A. Syamsurijal dari Fraksi PKB. 

Rapat paripurna ini digelar setelah 580 Anggota DPR RI periode 2024-2029 mengawali tugasnya mengucap sumpah dan janji, yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin. 

"Bahwa pimpinan DPR adalah satu, Dr. (HC) Puan Maharani dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPR RI, dua saudara Dr. Ir. Adies Kadir, M. Hum dari Fraksi Golkar sebagai Wakil Ketua DPR, tiga saudara Peofessor Dr. Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR, empat saudara Saan Mustopa dari Fraksi Partai Nasdem sebagai Wakil Ketua DPR, lima saudara Dr. Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI," ungkap Ketua DPR RI sementara Guntur Sasono di Ruang Paripurna DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). 

"Apakah dapat disetujui dan ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPR RI masa keanggotaan 2024-2029, saya minta pendapatnya, setuju?," tanya Guntur.

"Setuju!!" seru seluruh Anggota DPR RI lalu disambut ketukan palu sebagai tabda pengesahan. Dan disambut tepuk tangan 580 Anggota DPR RI.

Setelahnya, Ketua dan Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029 mengikrarkan sumpah dan janjinya dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network