Animo Gen Z Gunakan Kartu Kredit Meningkat

Wahab Firmansyah
Kartu kredit kini banyak digunakan Gen Z. Foto/Ilustrasi/Istimewa.IDX

BEKASI, iNewsBekasi.id- Penggunaan kartu kredit untuk Generasi Z (Gen Z) mengalami peningkatan. Bank Danamon mencatat per September 2024, jumlah pengguna, jumlah transaksi, dan nilai transaksi meningkat hingga dua kali lipat tahun ke tahun.

Consumer Lending Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Enriko Sutarto, mengatakan, kartu kredit Danamon Grab, salah satu yang terus meningkat sejak diluncurkan beberapa tahun lalu. Tingginya animo pengguna kartu kredit terhadap produk ini, salah satu faktornya karena kesesuaian dengan karakteristik Gen Z. 

"Salah satunya untuk memudahkan tidak hanya transaksi seperti GrabCar/GrabBike/GrabFood/dan lain-lain di aplikasi Grab. Namun juga transaksi lainnya yang sesuai dengan gaya hidup generasi muda masa kini, tentunya dengan tetap menjaga pengelolaan finansial yang lebih baik," kata Enriko pada Kamis (3/10/2024). 

Menurut dia, kartu kredit ini merupakan kolaborasi antara Danamon dengan Grab, yang merupakan bagian dari mitra strategis Danamon.

Danamon, lanjut dia, terus berupaya untuk menjadi mitra keuangan terpercaya yang senantiasa berorientasi pada nasabah dan inovatif, dengan menyediakan solusi finansial menyeluruh.

"Tingginya ketertarikan Gen Z terhadap kartu kredit Danamon Grab bukan tanpa alasan, produk kartu kredit ini memang didesain sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masyarakat muda Indonesia," ujarnya. 

Mengacu kepada riset kualitatif terhadap lebih dari 600 responden Gen Z di 10 kota besar di Indonesia dengan judul “Indonesia Gen Z Report 2024” yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute bersama Advisia, ditemukan bahwa telah terjadi pergeseran perilaku Gen Z, yang merupakan generasi yang sudah melek digital sedari usia dini.

Salah satu temuan menarik dari penelitian ini menunjukkan kalau konsumen Gen Z di Indonesia memiliki kesadaran lebih tinggi terkait biaya yang mereka keluarkan (budget conscious) serta pemahaman tentang dinamika harga produk dan jasa sehingga mereka lebih berhati-hati sebelum mengambil keputusan dalam berbelanja. 

Selain itu, salah satu sifat penting konsumen Gen Z lainnya yang ditemukan oleh survei ini adalah kenyataan bahwa generasi ini menjadikan internet sebagai sumber utama yang mendukung keputusan mereka sebelum melakukan pembelian produk dan jasa.

Mereka mencari referensi di internet berupa perbandingan barang yang akan dibeli serta tempat wisata atau restoran yang akan dikunjungi. 

"Itulah sebabnya, dengan tagline Jadi Diri Gue, kartu kredit Danamon Grab menjadi jawaban berbelanja bagi para konsumen Gen Z yang memiliki karakter budget conscious dan tingkat kedekatan dengan dunia digital yang tinggi tersebut," ucapnya. 

Didukung dengan berbagai fitur terkini, Danamon Grab juga didesain secara khusus untuk bisa mendukung gaya hidup konsumen Gen Z terutama terkait transaksi online maupun offline, serta membantu mereka dalam mengelola keuangan sehari-hari secara mudah.

“Kami memahami bahwa Gen Z masa kini sangat melek finansial, digital savy, dan dinamis. Mereka memaksimalkan internet dan media sosial untuk mencari informasi dan membandingkan produk dan layanan yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan lifestyle" pungkasnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network