LG Raih Peringkat ke-97 Perusahaan Terbaik Dunia versi Interbrand

Wahab Firmansyah
Perusahaan LG. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id- LG Electronics (LG) meraih peringkat ke-97 sebagai salah satu perusahaan terbaik di dunia dengan brand value senilai USD 6,5 miliar. Hal ini berdasarkan laporan Best Global Brands 2024 dari firma konsultan global Interbrand, peringkat itu diumumkan pada 10 Oktober 2024.

Dalam laporan tersebut, Interbrand mengevaluasi brand value berbagai perusahaan dengan melakukan analisis mendalam terhadap tiga aspek, yaitu financial performance (kinerja keuangan), role of brand (peranan merek), dan brand strength (kekuatan merek). 

Selain tiga aspek tersebut, komponen utama lainnya yang diperhitungkan adalah direction (arah strategi), consumer engagement (keterlibatan konsumen), dan brand relevance (relevansi merek). 

Interbrand juga menggunakan kriteria evaluasi yang sudah bersertifikasi ISO dan menerapkan metodologi yang paling andal dalam dunia branding dan marketing.

Brand value LG telah tumbuh secara signifikan dan perusahaan mampu mendorong kinerja bisnis serta meningkatkan daya saingnya. 

Tahun ini, brand value LG meningkat 38,7% persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan ini didorong oleh tingginya skor perusahaan dalam kategori role of brand dan brand strength.

Menurut Interbrand, pencapaian ini sejalan dengan visi LG sebagai Smart Life Solution Company (Perusahaan Solusi Kehidupan Cerdas) dan keberhasilan perusahaan dalam mengeksplorasi peluang baru secara konsisten. 

Selain itu, LG telah mengembangkan strategi brand terbaru melalui penerapan metode komunikasi yang lebih relevan secara online maupun offline dalam rangka menjaga consumer engagement secara berkelanjutan di berbagai wilayah dan generasi.

CEO LG Electronics, William Cho mengatakan, LG bertransformasi dari perusahaan peralatan rumah tangga dan elektronik menjadi Smart Life Solution Company. 

"Sebagai bagian dari transformasi ini, kami juga menerapkan brand reinvention tanpa melupakan slogan awal kami yaitu ‘Life’s Good". Hal ini merupakan momen penting dalam perjalanan bisnis LG. Kami juga bangga karena berhasil menjadi salah satu dari 100 brand terbaik secara global menurut laporan Interbrand," kata William dalam siaran tertulis pada Rabu (16/10/2024). 

Pada Juli 2023, LG meluncurkan visi terbarunya sebagai Smart Life Solution Company dalam rangka meningkatkan pengalaman pelanggan di mana pun berada, baik saat di rumah, tempat umum, kendaraan, maupun dunia virtual. 

Sejak transformasi ini dimulai, brand value LG melonjak tajam dari USD 3,1 miliar pada tahun 2022 menjadi sekitar USD 6,5 miliar pada tahun 2024.

Brand Reinvent dari LG bertujuan untuk mengubah citra perusahaan sebagai merek yang lebih muda, dinamis, dan disukai pelanggan lintas generasi dan wilayah.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, LG menyatukan brand message di bawah slogan globalnya yaitu Life’s Good dan memastikan bahwa hal ini diterapkan secara konsisten di seluruh bagian perusahaan maupun di setiap titik interaksi dengan pelanggan," ujarnya.

Inisiatif ini mencakup perubahan brand identity dan tampilan visual perusahaan. Slogan "Life’s Good" mencerminkan misi LG untuk membantu semua orang agar dapat menikmati setiap momen berharga melalui produk, layanan, dan kegiatan komunikasi lainnya. 

Di ranah digital, logo Face of the Future yang tampak seperti wajah senyum dan kedipan mata merupakan tujuan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan menciptakan hubungan yang penuh makna.

"Selain itu, LG meluncurkan berbagai kampanye dan acara pop-up yang ditujukan untuk melibatkan lebih banyak konsumen muda, khususnya para Gen Z, baik secara online maupun offline," tuturnya.

Pertengahan tahun ini, lanjut dia, LG sempat meluncurkan kampanye global berjudul "Optimism your feed" yang bertujuan untuk menyebarkan pesan positif melalui algoritme media sosial dan menginspirasi para netizen agar lebih optimis.

Inisiatif ini cukup menarik perhatian banyak orang, di mana konten yang diproduksi LG di YouTube dan TikTok mampu mengumpulkan lebih dari 1,8 miliar views selama dua bulan pertama.

Tak hanya itu, LG akan terus meningkatkan engagement dengan konsumen Gen Z dengan menyelenggarakan kegiatan experience spaces secara offline yang disesuaikan dengan trend saat ini, seperti gaya hidup, gaming, dan musik.

"Pada tahun 2005 hingga 2007, LG berhasil masuk ke dalam daftar top 100 global brands selama tiga tahun berturut-turut. Pencapaian ini tentunya menjadi bukti bahwa LG memiliki brand presence yang kuat dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa,” ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network