
PUASA tapi tidak sholat wajib 5 waktu, bagaimana hukumnya? Apakah puasanya sah atau sebaliknya? Hal ini perlu diperhatikan kaum Muslim.
Meninggalkan sholat maka tidak sah puasanya orang yang tidak sholat. Allah Ta'ala berfirman,
ููุฅููู ุชูุงุจููุง ููุฃูููุงู
ููุง ุงูุตููููุงุฉู ููุขูุชูููุง ุงูุฒููููุงุฉู ููุฅูุฎูููุงููููู
ู ููู ุงูุฏููููู ููููููุตูููู ุงููุขูููุงุชู ููููููู
ู ููุนูููู
ูููู
โJika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.โ [At Taubah: 11]

Ustaz Sofyan Ruray dalam pesannya menyebutkan, Rasulullah SAW bersabda,
ุฅูููู ุจููููู ุงูุฑููุฌููู ููุจููููู ุงูุดููุฑููู ููุงููููููุฑู ุชูุฑููู ุงูุตูููุงูุฉู
โSesungguhnya, batas antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.โ [HR. Muslim dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuโanhuma]

Dan sabda beliau SAW
ุงููุนูููุฏู ุงูููุฐูู ุจูููููููุง ููุจูููููููู
ู ุงูุตูููุงูุฉู ููู
ููู ุชูุฑูููููุง ููููุฏู ููููุฑู
โPerjanjian antara kami dan mereka adalah sholat, barangsiapa meninggalkannya sungguh ia telah kafir.โ [HR. At-Tirmidzi dari Buraidah bin Al-Hushaib radhiyallahuโanhu, Shahihut Targhib: 564]
Tabiโin yang Mulia Abdullah bin Syaqiq Al-โUqaili rahimahullah berkata,
ููุงูู ุฃูุตูุญูุงุจู ู
ูุญูู
ููุฏู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุงู ููุฑููููู ุดูููุฆูุง ู
ููู ุงูุฃูุนูู
ูุงูู ุชูุฑููููู ููููุฑู ุบูููุฑู ุงูุตูููุงูุฉู
โDahulu para sahabat Nabi Muhammad tidaklah menganggap ada satu amalan yang apabila ditinggalkan menyebabkan kekafiran, kecuali sholat.โ [Riwayat At-Tirmidzi, Shahihut Targhib: 565]
Dalil-dalil di atas menunjukkan bahwa meninggalkan sholat adalah kekafiran yang menyebabkan pelakunya murtad keluar dari Islam, dan dosa kekafiran menghapuskan semua ibadah, tidak terkecuali puasa.
Allah Ta'ala berfirman,
ููู
ููู ููููููุฑู ุจูุงููุฅููู
ูุงูู ููููุฏู ุญูุจูุทู ุนูู
ููููู ูููููู ููู ุงููุขุฎูุฑูุฉู ู
ููู ุงููุฎูุงุณูุฑูููู
โDan barangsiapa kafir terhadap keimanan maka terhapuslah amalannya dan ia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.โ [Al-Maidah: 5]
Dan dalil-dalil lain yang telah kami sebutkan dalam pembahasan syarat wajibnya puasa yang pertama. Maka jelaslah bahwa orang yang berpuasa tapi tidak sholat, tidak sah puasanya, karena meninggalkan sholat adalah kekafiran yang menghapuskan seluruh amalan pelakunya. [Lihat Majmuโ Fatawa Asy-Syaikh Ibni Baz rahimahullah, 9/280-281 dan Majmuโ Fatawa wa Rosaail Asy-Syaikh Ibnil โUtsaimin rahimahullah, 19/87]
Bahkan tidak sah puasa orang yang hanya sholat di bulan Ramadhan dan meninggalkan sholat di selain bulan Ramadhan, karena meninggalkan sholat adalah kufur akbar yang menghapuskan amalan.
Disebutkan dalam kumpulan fatwa ulama besar Ahlus Sunnah wal Jamaโah masa ini,
ุฃู
ุง ุงูุฐูู ูุตูู
ูู ุฑู
ุถุงู ููุตููู ูู ุฑู
ุถุงู ููุท ููุฐุง ู
ุฎุงุฏุนุฉ ูููุ ูุจุฆุณ ุงูููู
ุงูุฐูู ูุง ูุนุฑููู ุงููู ุฅูุง ูู ุฑู
ุถุงูุ ููุง ูุตุญ ููู
ุตูุงู
ู
ุน ุชุฑููู
ุงูุตูุงุฉ ูู ุบูุฑ ุฑู
ุถุงูุ ุจู ูู
ููุงุฑ ุจุฐูู ููุฑุง ุฃูุจุฑุ ูุฅู ูู
ูุฌุญุฏูุง ูุฌูุจ ุงูุตูุงุฉ ูู ุฃุตุญ ูููู ุงูุนูู
ุงุก
โAdapun orang-orang yang berpuasa Ramadhan dan hanya melakukan sholat di bulan Ramadhan saja maka itu adalah usaha menipu Allah (yang sesungguhnya tidak sanggup mereka lakukan), sungguh jelek suatu kaum yang tidak mengenal Allah kecuali di bulan Ramadhan, maka tidak sah puasa mereka apabila meninggalkan sholat di selain bulan Ramadhan, karena mereka kafir dengan sebab itu; dengan kekafiran yang besar walau mereka tidak menentang kewajiban sholat, menurut pendapat yang paling shahih dari dua pendapat ulama.โ [Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah lil Buhutsil โIlmiyyah wal Iftaโ, 10/140-141 no. 102]
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta
Artikel Terkait