get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Akan Pertahankan The Winning Team saat Hadapi Australia

5 Pemain Naturalisasi yang Berpotensi Bela Indonesia di Piala AFF 2022, Nomor 1 Mantan Lawan Messi

Kamis, 01 September 2022 | 08:59 WIB
header img
5 Pemain Naturalisasi yang Berpotensi Bela Indonesia di Piala AFF 2022, Salah Satunya Jordi Amat

Jakarta, iNews.id - Timnas Indonesia diperkirakan bakal diperkuat nama baru di Piala AFF 2022. Para punggawa itu di antaranya para pemain naturalisasi yang memang jadi pilihan Shin Tae-yong.

Pelatih TImnas Indonesia, Shin Tae-yong diperkirakan bakal menampilkan skuad terbaiknya di ajang terakbar di Asia Tenggara itu. Terlebih di edisi sebelumnya, Indonesia berhasil mencuri perhatian dengan pemain muda.

Sayang impian Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan meraih trofi AFF perdana bagi Indonesia kandas di tangan Thailand. Indonesia takluk dari Thailand di final.

Pada edisi 2022, Indonesia berpotensi bakal diperkuat wajah-wajah baru, salaha satunya pemain naturalisasi. Saat ini ada tiga nama yang tengah menjalani proses naturalisasi yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Kemungkinan Indonesia akan banyak diperkuat pemain naturalisasi di Piala AFF 2022.

5 pemain naturalisasi yang bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

5. Marc Klok

Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Kuwait pada babak pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: Ist) Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Kuwait pada babak pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Memiliki pengalaman di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa jadi kembali mempercayai Marc Klok sebagai jenderal lapangan tengah skuad Garuda di Piala AFF 2022. Sejauh ini, kontribusi Marc Klok di Timnas Indonesia sudah teruji.

Meski belum pernah mencicipi kemenangan, paling tidak Marc Klok memiliki kemampuan yang apik di lini tengah Timnas Indonesia. Hal itu sudah teruji ketika ia tandem dengan Ricky Kambuaya di Kualifikasi Piala Asia 2023 silam.

4. Stefano Lilipaly

Kemudian, ada Stefano Lilipaly, salah satu pemain naturalisasi dari Belanda. Nama Stefano Lilipaly sudah tidak asing lagi. Dirinya kerap dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat daya gedor skuad Garuda.

Hal itu sudah teruji ketika Stefano Lilipaly bermain untuk Borneo FC. Sampai saat ini, di Liga 1 2022-2023 ia sudah membukukan satu gol dan tiga assist bagi Borneo FC.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama, salah satu pemain naturalisasi asal Belanda, yang besar kemungkinan bisa memperkuat skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Ya, meski proses naturalisasinya masih dalam tahap persetujuan DPR RI, Shayne Pattynama punya peluang besar untuk mentas di Piala AFF 2022. Salah satu alasan terkuatnya adalah Liga Norwegia 2022 bakal selesai di bulan November tahun ini.

Sekadar informasi, saat ini Liga Norwegia sudah memasuki pekan ke-20. Sementara peserta Liga Utama Norwegia hanya ada 16 tim. Praktis, setiap tim bakal memainkan 30 pertandingan. Itu artinya, Shayne Pattynama bersama timnya Viking FK hanya menyisakan 10 pertandingan lagi.

Menurut kalender Liga Utama Norwegia, Viking FK akan melakoni pekan ke-30 melawan Odds BK pada 13 November 2022. Dengan kata lain, setelah liga berakhir, Shayne Pattynama bisa membela Timnas Indonesia. Di lain hal, proses naturalisasinya pun diprediksi rampung pada awal September 2022 mendatang.

4. Lee Yu-jun

Selanjutnya, di urutan kedua ada Lee Yu-jun. Ya, pemain satu ini memang mencuat ke publik usai dirinya menerima kewarganegaraan Indonesia baru-baru ini. Akan tetapi, Lee Yu-jun mengurus sendiri perpindahan kewarganegaraannya, lantaran sudah lama tinggal di Tanah Air, serta menikah dengan perempuan asli Indonesia.

Sebab demikian, Shin Tae-yong bisa memasukkan Lee Yu-jun ke dalam skuad Garuda. Apalagi, pemain Madura United ini sebelumnya memiliki darah Korea Selatan, sama dengan Shin Tae-yong. Paling tidak, Shin Tae-yong bisa memahami karakter orang Korea Selatan.

5. Jordi Amat

Selanjutnya, tentu pemain satu ini sangat ditunggu publik Tanah Air. Ya, dia adalah Jordi Amat, pemain naturalisasi asal Spanyol. Sampai saat ini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia sudah memberikan izin proses naturalisasinya. Jika tidak ada arah melintang ia bisa ikut serta Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Apalagi, Jordi Amat saat ini bermain untuk klub Malaysia, Johor Darul Tazim, peluangnya untuk membela Timnas Indonesia pasti sangat besar.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut