Bikin Gempar Thailand, Muncul Ajakan Jual Ginjal demi Dapat iPhone 14 hingga Tuai Kecaman

Anton Suhartono
.
Selasa, 20 September 2022 | 04:25 WIB
Ajakan Menjual Ginjal demi iPhone 14 yang Dibuat Klinik Kecantikan di Laos Mengundang Kecaman (Foto: Klinik Kecantikan Nith)

BANGKOK, iNewsBekasi.id - Pada pekan lalu, Thailand sempat dibuat gempar usai muncul ajakan atau semacam iklan menjual ginjal demi mendapat ponsel iPhone terbaru.

Menanggapi hal itu, pejabat kesehatan lantas memperingatkan menukar organ vital dengan ponsel adalah melanggar hukum.

Foto ajakan tersebut sempar beredar di media sosial dan menjadi viral. Palang Merah Thailand dan seorang dokter pun sampai turun tangan. Mereka mengecam keras pesan itu dengan menyebutnya menyesatkan.

“Tidak ada perdagangan organ seperti ini, dilarang. Tidak pantas penjualan organ dipromosikan, terutama ditukar dengan uang untuk membeli iPhone. Itu tidak bermoral dan tidak etis,” kata Sophon Mekthon dari Pusat Donasi Organ Palang Merah Thailand.

Dia memastikan tak ada kasus penjualan organ ilegal di Thailand saat ini. Pusat Donasi Organ Palang Merah Thailand bertanggung jawab dalam lalu lintas donor organ di negara itu.

"Saya ingin Anda tahu bahwa lelucon semacam ini sama sekali tidak lucu," kata seorang dokter, Satsada Thanaborirak. 

Foto tersebut sampai ke media sosial Thailand melalui meme yang memicu guyonan dan kecaman netizen.

“Terbelakang,” kata seorang pengguna.

iPhone 14 dijual dalam beberapa varian dan sudah bisa dipesan preorder sejak pekan lalu dengan harga mulai dari 32.900 baht hingga 66.900 baht (Rp13,3 juta sampai Rp27 juta), bergantung pada model dan memori.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul "Heboh, Muncul Ajakan Jual Ginjal demi iPhone Terbaru".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini