get app
inews
Aa Read Next : Dalam Keadaan Stroke LB Moerdani Menangis di Kursi Roda saat Temui Soeharto

Deretan Panglima TNI Termuda, Ada TB Simatupang hingga Jenderal Soedirman

Selasa, 11 Oktober 2022 | 16:37 WIB
header img
Jenderal Soedirman menjadi salah satu Panglima TNI termuda. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Panglima TNI termuda bakal dibahas dalam artikel ini. 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun ternyata punya sejarah panjang saat masa awal pembentukannya. Sebelum bernama TNI, ada beberapa sebutan untuk organisasi tentara di Tanah Air setelah meraih kemerdekaan, Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sampai ABRI.

Sepanjang sejarah itu, ada sejumlah nama Panglima termua yang sempat memimpin TNI.

Lantas, ada siapa sajakah panglima TNI termuda? Yuk, simak informasinya yang iNewsBekasi.id himpun dari berbagai sumber.

Daftar Panglima TNI Termuda

5. Jenderal Soeharto

Salah satu panglima TNI termuda adalah Jenderal Soeharto yang lahir di Bantul, 8 Juni 1921.

Pada umur 41 tahun, pangkat Soeharto naik jadi Mayor Jenderal (Januari 1962) menjabat Panglima Komando Mandala Pembebasan Irian Barat.

Sebelum menjadi Presiden, dia pun sudah banyak bergelut di dunia militer.

Selain itu, Jenderal Soeharto pernah menjabat panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada Juni 1968. Di mana pada saat itu usianya 47 tahun.

4. Jenderal M Jusuf Amir

Panglima TNI termuda selanjutnya adalah Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Jusuf Amir atau dikenal M Jusuf. Pria yang lahir di Bone, 23 Juni 1928 silam ini merupakan salah satu tokoh militer yang cukup berpengaruh pada sejarah kemiliteran Indonesia.

Di mana M Jusuf telah menghadapi banyak pertempuran, yakni dari zaman Revolusi Kemerdekaan, operasi Timor-Timor hingga penumpasan G30S PKI.

Diketahui, dia menempati posisi sebagai panglima ABRI pada 1978 sampai 1983. Sehingga mengacu pada tahun kelahirannya di 1928, M Jusuf berusa sekitar 50 tahun. 

3. Jenderal TNI A.H. Nasution

Abdul Haris (AH) Nasution menjadi salah satu tokoh militer dengan pangkat jenderal bintang lima. Pria kelahiran Hutapangkut, Sumatera Utara, 3 Desember 1918, pernah menjabat Kepala Staf Angkatan Bersenjata pada 1962 silam.

Saat menjabat sebagai panglima TNI, A.H. Nasution berusia sekitar 44 tahun.

2. Jenderal TB Simatupang

Panglima TNI termuda berikutnya ada Jenderal Tahi Bonar (TB) Simatupang yang lahir di Sumatera Utara, 28 Januari 1920. Di mana dia ditunjuk jadi pengganti Panglima Besar Soedirman.

Jenderal TB Simatupang menjabat Kepala Staf Angkatan Perang/Angkatan Bersenjata mulai 29 Januari 1950 sampai 4 November 1953 silam.

Jika mengacu pada tahun kelahirannya, dia menjadi salah satu Jenderal Termuda yang menjadi Panglima TNI pada usia sekitar 30 tahun.

1. Jenderal Soedirman

Panglima TNI termuda di urutan pertama adalah Jenderal Soedirman. Dia pun menjadi salah satu TNI penyandang bintang lima selain A.H> Nasution dan Soeharto. 

Pria yang lahir di Purbalingga pada 24 Januari 1916 ini telah menjabat Panglima Besar TKR sejak 12 November 1945 silam. Mengacu pada tahun kelahirannya 196, saat ini Jenderal Soedirman berusia sekitar 29 tahun.

Jenderal Soedirman menduduki posisi tersebut sampai wafat lantaran sakit pada 1950. 

Demikian informasi mengenai panglima TNI termuda. Semoga bermanfaat.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut