get app
inews
Aa
Read Next : Tabrakan Kereta Turangga-Commuter Line di Bandung, 2 Masinis Dikabarkan Tewas

Sudah Ratusan Kali Gempa Susulan Gunjang Cianjur, Begini Penjelasan Ahli Geologi

Selasa, 22 November 2022 | 14:22 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBekasi.id - Sudah ratusan kali gempa susulan terus terjadi di wilayah Cianjur, pasca gempa magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022). Masyarakat diminta jauhi bangunan potensi roboh dan tetap tenang serta tidak khawatir atas gempa susulan tersebut.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga pukul 08.00 WIB, telah terjadi gempa susulan sebanyak 125 gempa. Tetapi kekuatan gempa tercatat terus menurun, dengan magnitudo 4.2 dan terkecil 1.5.

Ahli kegempaan Badan Geologi Supartoyo menjelaskan, gempa susulan akan terus terjadi hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. 

Gempa susulan ini masih akan terjadi karena batuan atau tanah yang tersesarkan dan mengakibatkan gempa. Gempa susulan adalah proses menuju fase keseimbangan tanah.

"Gempa susulan tidak akan lebih besar dari gempa utama. Memang pada situasi seperti ini masyarakat panik, tapi kami akan terjunkan tim ke lapangan, untuk sosialisasi kepada warga terdampak," ujar dia.

Disinggung mengenai potensi gempa di Cianjur bisa memicu sesar lainnya, dia menyebutkan bisa terjadi jika jaraknya dekat. Tapi hal itu tidak selalu terjadi.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okenews dengan judul "Cianjur Terus Diguncang Ratusan Gempa Susulan, Begini Penjelasan Ahli Geologi".

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut