get app
inews
Aa Read Next : Suami Tega Bakar Istri dan 2 Anaknya di Cakung Jaktim Pakai Bensin

Suami Bilang Tak Cinta Lagi ke Istri, Apa Termasuk Talak? Begini Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:00 WIB
header img
Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA. (Foto: Dok YouTube Syafiq Riza Basalamah)

USTADZ Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA mengatakan, semarah apa pun suami, hendaknya tetap berusaha menjaga lisan, jangan sampai keluar kata talak kepada istri

Akan tetapi terkadang dalam pertengkaran rumah tangga, seseorang tidak bisa mengontrol apa yang diucapkan saat terbakar emosi. 

Mulai dari bentakan hingga kalimat yang menyatakan tidak lagi mencintai istri. Lantas, apakah pernyataan suami tentang sudah tidak lagi cinta bisa diartikan sebagai bentuk talak?

Menurut Ustadz Syafiq Riza Basalamah, ungkapan tidak cinta lagi kepada istri bukan artinya suami hendak bercerai. 

"Jadi kalau bicara cinta, tidak semua rumah tangga dibangun di atas cinta," ujar Ustadz Syafiq Riza Basalamah, seperti dikutip dari kanal YouTube resminya, Jumat (14/1/2022). 
Dia menjelaskan, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Allah jadikan di antara kalian cinta, sayang, dan kasihan."

Begitupun dengan kalimat "kita sudahi saja". Walaupun terdengar menginginkan perpisahan, ternyata kalimat ini masih mengandung arti sebuah penawaran kepada istri. 

"Dia masih bilang 'kita' ini kan bicaranya suami istri, jadi tinggal seakan-akan dia nunggu, keputusan kita gimana nih," jelas Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Lain halnya jika suami mengatakan "Aku sudahi pernikahan ini", penyataan seperti itu bisa diartikan bahwa suami telah berniat menceraikan sang istri. 

Lebih lanjut Ustadz Syafiq Riza Basalamah menyarankan jika ingin tetap mempertahankan pernikahan, ada baiknya komunikasi antara istri dan suami dibenahi.

"Kalau mungkin ada yang dia tidak sukai dari istri, istri perlu tanya sama suami, apa sih yang tidak disukai, akan diperbaiki," tukasnya. 

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut