get app
inews
Aa Read Next : Syarat dan Cara Buka Rekening BRI Junio, Banyak Keuntungannya

Cara Cetak Rekening Koran BRI Secara Online

Senin, 13 November 2023 | 13:25 WIB
header img
Cara cetak rekening koran BRI secara online, Foto: IDX Channel

BEKASI, INewsBekasi.id - Cara cetak rekening koran BRI secara online menjadi salah satu langkah untuk memudahkan para nasabah Bank BRI. Rekening koran sendiri merupakan ringkasan lengkap dari transaksi keuangan. Oleh karena itu mencetak rekening koran merupakan suatu hal yang penting bagi nasabah.

Layanan cetak rekening koran BRI memiliki banyak fungsi salah satunya melihat transaksi pada akun tabungan nasabah BRI. Apabila nasabah ingin melihat rekening koran BRI online wajib mengaktifkan akun Internet Banking.

Cara Cetak Rekening Koran BRI secara Online 

  • Buka webiste https://ib.bri.co.id/ib-bri/ pada browser
  • Masuk dengan User ID, Password, dan Kode Verifikasi
  • Klik "Login"
  • Pilih "Rekening"
  • Pilih menu "Mutasi Rekening"
  • Klik "pilihan jenis rekening"
  • Setelah itu, masukkan periode transaksi yang ingin dicetak. Kemudian catatan transaksi akan muncul
  • Klik "Gambar Print" dan simpan file rekening koran

Perlu diketahui, untuk mencetak rekening koran secara online hanya bisa dilihat dalam jangka periode 1 bulan. Apabila Anda ingin melihat transaksi lebih dari 1 bulan maka wajib cetak rekening koran di cabang BRI terdekat.

Fungsi Penggunaan Rekening Koran 

  • Proses Pengajuan Visa 

Visa merupakan salah satu dokumen penting yang wajib Anda bawa saat bepergian ke luar negeri. Selama proses pembuatan, perlu untuk mencetak rekening koran dari bank. Fungsi  pencetakan rekening koran untuk membuktikan bahwa orang tersebut akan aman  di luar negeri.

Fungsi lain dari rekening koran adalah untuk melacak berbagai jenis aktivitas transfer atau penyetoran pada rekening. Bahkan dengan rekening koran memungkinkan untuk melihat pesan yang ditulis. Selain pesan, informasi tanggal juga dapat ditampilkan dengan jelas di rekening koran. Dengan demikian, informasi yang didapat akan lebih lengkap dan terpercaya.

  • Sebagai Bukti Hukum 

Dalam beberapa kasus tertentu, Nasabah mungkin membutuhkan salinan rekening koran untuk dijadikan sebagai barang bukti. Karena dalam rekening koran memuat informasi yang cukup lengkap dan sangat jelas. Dalam penggunaannya tidak perlu diraguan dan dilindungi undang-undang. 

  • Pengajuan Pinjaman 

Saat ingin mengajukan pinjaman, rekening koran merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk meyakinkan pihak bank agar memberikan pinjaman. Berbagai jenis pinjaman yang memerlukan pencetakan rekening koran antara lain KPR, KTA dan KKB. Dengan memiliki bukti rekening koran tersebut akan memudahkan bank dalam melacak catatan seseorang dalam finansialnya untuk pembayaran hutangnya.

  • Melakukan Audit 

Dalam jangka waktu tertentu harus dilakukan audit keuangan untuk mengetahui regulasinya. Langkah penting yang tidak boleh diabaikan saat melakukan audit adalah mencetak rekening koran.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara cetak rekening koran BRI secara online yang bisa kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut