get app
inews
Aa Read Next : Dorongan Gani Muhamad Jadi Bacalon Wali Kota Bekasi Bermunculan

Usai Hujan Deras Warga Sumberjaya Bekasi Geger, Ular Sanca Kembang Melintas di Lapangan

Rabu, 29 November 2023 | 16:04 WIB
header img
Setelah diguyur hujan deras, warga RT 04 RW 057 Desa Sumberjaya, Kabupaten Bekasi digegerkan dengan kemunculan seekor ular sanca kembang dengan panjang tiga meter. Foto: Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id - Setelah diguyur hujan deras, warga RT 04 RW 057 Desa Sumberjaya, Kabupaten Bekasi digegerkan dengan kemunculan seekor ular sanca kembang dengan panjang tiga meter.

Ketua RT 04 RW 057 Ramadony Hasibuan menjelaskan, pada Senin  27 November 2023 malam saat dirinya dan warga sedang patroli keamanan melihat ada ular. 

"Kami mendapati seekor Ular berukuran besar kurang lebih 3 meter jenis Sanca Kembang yang sedang melintas di Lapangan Fasos RT 04 mengarah ke tanah urukan," kata Ramadony pada Rabu (29/11/2023).

Ramadony menambahkan, ia bersama Warga inisiatif menangkap Ular tersebut dan mengamankannya di kandang besi milik warga.


"Keesokan harinya kami melaporkan kejadian ini kepada pihak Rescue Pemadam Kebakaran Sektor Cibitung. Tak berselang lama petugas Damkar tiba dan warga pun menyerahkan Ular tersebut ke petugas," tambahnya.

Kemungkinan munculnya Ular Sanca tersebut buntut dari pengurukan rawa yang selama ini berfungsi sebagai pembuangan air atau resapan. Saat ini kondisinya telah diuruk untuk dibangun rumah oleh pihak pengembang.

Sekadar informasi tentang ular sanca kembang. Reptil dengan nama latin Malayopython reticulatus ini bergantung pada ketersediaan air, sehingga kerap ditemui tidak jauh dari badan air seperti sungai, kolam dan rawa.

Makanan utamanya adalah mamalia kecil, burung dan reptilia lain seperti biawak. Ular yang kecil memangsa kodok, kadal dan ikan. 

Cara ular sanca kembang melumpuhkan mangsanya adalah dengan melilitnya kuat-kuat (constricting) hingga mati kehabisan napas. Kemudian setelah mati mangsa ditelan bulat-bulat mulai dari kepalanya.

Setelah makan, terutama setelah menelan mangsa yang besar, ular ini akan berpuasa beberapa hari hingga beberapa bulan hingga ia lapar kembali.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut