get app
inews
Aa Read Next : Ini Harga Tiket Terusan Timnas Indonesia vs Irak dan Filipina, Paling Murah Rp450.000

3 Kunci Sukses Timnas Indonesia Hajar Timor Leste 3-0, Nomor 2 Berkat Tiga Pemain Papua

Senin, 31 Januari 2022 | 07:35 WIB
header img
Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

iNews.id - Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Timnas Timor Leste di laga leg kedua FIFA Matchday. Jika di leg pertama pada, Kamis (27/01/2022) skuad Garuda menang 4-1, maka pada leg kedua yang berlangsung pada, Minggu (30/01/2022) kemarin Timnas Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste.

Penggawa Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, Terens Puhiri, dan Ricky Kambuaya menjadi tiga pemain asal Papua yang sukses mencaatatkan namanya di papan skor. Selain mencetak tiga gol, Timnas Indonesia juga berhasil menjaga clean sheet.

Jelas laga kedua melawan Timor Leste, Timnas Indonesia jauh lebih baik. Lantas apa kunci suksesnya? Berikut 3 Kunci Sukses Timnas Indonesia:

3. Timor Leste Tak Dalam Kondisi Terbaik

Sama seperti Timnas Indonesia, sejumlah pemain Timor Leste mendadak tak bisa bermain karena terpapar virus corona. Nahasnya, empat dari pemain yang terinfeksi itu adalah pilar utama Timor Leste. Kehilangan empat pemain utama membuat Timor Leste bermain dengan keadaan pincang. Hal itulah yang dikatakan pelatih Timor Leste, Fabio Magrao Maciel.

"Pertandingan tidak berjalan seperti yang kami harapkan. Kami tidak bermain cukup baik malam ini. Kami memiliki sedikit masalah untuk mengatur tim malam ini karena sekitar jam 5 tadi ada empat pemain yang seharusnya tampil dinyatakan positif (Covid-19) setelah menjalani tes. Dan empat pemain itu mestinya menjadi starter malam ini," kata Fabio Magrao.

Dengan hal itu pemain yang jarang dimainkan pun terpaksa diturunkan pelatih Timor Leste tersebut. Alhasil, kekalahan telak pun pada akhirnya dirasakan Timor Leste.

2. Menggilannya Tiga Pemain Papua

Tiga pemain asal Papua, Terens, Ramai, dan Ricky masing-masing mencetak satu gol di laga melawan Timor Leste. Sinkronisasi permainan mereka berjalan sangat baik dan beberapa kali merepotkan pertahanan lawan. Dengan dipimpin tiga pemain asal Papua itu, lini serang Timnas Indonesia pun amat berbahaya. Sekali pun striker murninya, yakni Ronldo Kwateh tak terlalu menggigit, setidaknya berkat Ramai, Ricky, dan Terens, lini depan skuad Garuda tetap tajam.

1. Shin Tae-yong Berhasil Maksimalkan Kemampuan Pemain

Saat menang 3-0 atas Timor Leste, ada sepuluh pemain Timnas Indonesia yang tak bisa dimainkan. Alhasil, di bangku cadangan skuad Garuda hanya lima orang saja. Hal itu jelas membuat Shin Tae-yong harus berpikir keras untuk memaksimal skuad seadanya itu. Bahkan gara-gara kekurangan pemain itu, Shin Tae-yong tak mengganti pemain sama sekali di awal babak kedua seperti yang ia terapkan di laga pertama melawan Timor Leste.

Menariknya, dengan memberikan para pemain waktu bermain yang lebih, para penggawa skuad Garuda justru dapat bermain lebih maksimal. Shin Tae-yong pun memuji para pemainnya yang sudah bekerja sangat keras di situasi tersebut.

"Memang semua pemain sudah bekerja keras, walaupun jumlah pemain dan jumlah skuad kami kurang, namun memang hasil kedepan harus bisa lebih baik dari sekarang, agar bisa melanjutkan perkembangan yang baik," ucap Shin Tae-yong pada jumpa pers pascalaga.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut