get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Akan Pertahankan The Winning Team saat Hadapi Australia

Witan dan Marselino Makan Mi Instan saat TC di Turki, Apa Hukumannya?

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:15 WIB
header img
Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman. Foto: Twitter @PSSI

BEKASI, iNews.id- Dua pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman mendapat sorotan karena makan mi instan saat pemusatan latihan (TC) di Turki jelang Piala Asia 2023. Lalu, apa hukuman yang mereka terima dari Pelatih Shin Tae-yong (STY)? 

TC Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 mendadak gaduh. Penyebabnya adalah viralnya sebuah foto di media sosial yang menggambarkan seseorang pemain sedang memasak mi instan di dalam kamar saat TC di Antalya, Turki, Selasa (26/12/2023). 

Pemain dalam foto diduga winger Persija Jakarta Witan Sulaeman. Foto yang tersebar itu juga mencantumkan akun pengunggahnya, Marselinoferdinan10.  

Foto tersebut diduga diunggah Marselino dalam fitur Instagram exclusive. Karena diunggah di fitur berbayar, sebenarnya tak banyak orang yang melihatnya. 

Namun, foto itu mendadak viral setelah berbagai akun media sosial sepak bola Indonesia memposting ulang.  

Sontak, foto tersebut membuat heboh dunia maya. Banyak netizen yang menyoroti ulah kedua pemain tersebut.  Bayang-bayang hukuman pun mengancam kedua pemain tersebut. 

Pasalnya, STY dikenal sebagai pelatih yang sangat tegas dalam urusan kedisiplinan, termasuk soal asupan makanan armadanya.  

Pelatih asal Korea Selatan itu berkali-kali menekankan para pemain untuk bersikap professional dan disiplin tak boleh makan sembarangan. 

Sebab, menurutnya, apa yang dimakan akan sangat berpengaruh kepada performa di lapangan. Beruntung, saat mendengar ulah Marselino dan Witan, STY tak menjatuhkan hukuman. 

Namun, dia marah kepada kedua pemain tersebut, dan juga memberi peringatan kepada pemain lainnya agar tak melakukan hal yang sama. 

“Tidak ada (hukuman), tetapi mereka sudah ditegur coach Shin,” tutur Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, kepada iNews.id, Selasa (26/12/2023) malam.  

“Selain pemain bersangkutan, termasuk semua pemain diingatkan untuk menjaga kondisinya karena kita sudah kerja keras selama di Turki dan jangan hilang gara-gara kondisi pemain tidak baik karena asupan makanan,” ujar Nova.  

Timnas Indonesia sudah melakoni TC di Antalya, Turki, sejak 20 Desember lalu. Di sana Tim Garuda juga akan memainkan laga uji coba melawan Libya dua kali pada 2 dan 5 Januari 2024.  

Kemudian, pasukan STY akan terbang ke Doha, Qatar untuk menjajal Iran dalam uji coba pada 9 Januari 2024. Pada Piala Asia 2024 yang akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. 

Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam.  Irak akan menjadi lawan perdana Tim Garuda di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, 15 Januari 2024. 

Kemudian, Indonesia akan meladeni Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, 19 Januari 2024, dan melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, 24 Januari 2024.  

Timnas Indonesia ditargetkan bisa lolos ke 16 besar. Untuk itu, minimal Tim Garuda harus mampu finis di dua besar grup, atau minimal menjadi salah satu dari empat runner up terbaik. 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut