get app
inews
Aa Read Next : Alquran dan Sains Ungkap Manfaat ASI untuk Bayi termasuk Meningkatkan Kecerdasan

Kenapa Arah Jarum Jam Selalu ke Kanan? Ini Jawabannya

Selasa, 02 Januari 2024 | 09:58 WIB
header img
Bukan rahasia lagi kalau setiap jarum jam selalu mengarah ke kanan. Foto/Ilustrasi/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Bukan rahasia lagi kalau setiap jarum jam selalu mengarah ke kanan. Standar ini berlaku di seluruh dunia sehingga tidak sedikit yang bertanya-tanya kenapa ini terjadi.  

Bagaimana asal-usul jarum jam mengarah ke kanan? Ternyata di seluruh dunia menyepakati bahwa putaran jarum jam mengarah ke kanan, sama seperti rotasi Bumi. 

Ini bukan tanpa alasan lantaran sudah berlangsung lama sejak zaman Mesir Kuno. Kala itu bangsa Mesir kuno menggunakan bayangan yang dimunculkan dari sepotong tongkat untuk menentukan waktu. 

Dan bayangan tersebut berputar mengarah ke kanan. Sejak orang Mesir dan Babilonia kuno membuat jam bayangan pertama mereka sekitar tahun 3.500 SM, pengukuran waktu ditetapkan bergerak searah jarum jam. 

Metode ini terus digunakan hingga era modern seperti sekarang ini.  Ada 2 Opsi Tombol Aksi Mengambang Ketika jam mekanis diperkenalkan di Eropa pada abad ke-14, sang penemu jam tersebut juga kebetulan sangat akrab dengan jam Matahari. 

Dia kemudian membuat jam mirip dengan bayangan dari jam Matahari yang menandai waktu. Pada akhir abad itu bahkan ketika katedral menampilkan jam mereka, mereka membuatnya dengan meniru nenek moyang yang menemukan jam Matahari. 

Istilah "searah jarum jam" lantas digunakan dalam bahasa Inggris sampai era 1870-an.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut