get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Libya: Shin Tae-yong Siapkan Taktik Terbaik

Liga 1 Berencana Gunakan VAR Bulan Depan 

Selasa, 09 Januari 2024 | 08:09 WIB
header img
PT LIB menyatakan Video Assistant Referee (VAR) bakal mulai diterapkan di Liga 1 pada Februari 2024. Foto: Sportskeeda

BEKASI, iNews.id- PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyatakan Video Assistant Referee (VAR) bakal mulai diterapkan di Liga 1 pada Februari 2024. Penerapan VAR agar Liga 1 makin berkualitas.

Humas PT LIB Sabina Katya mengatakan, berbagai persiapan VAR memang sedang dilakukan. Tentunya agar sistem itu dapat diterapkan dengan sebaik mungkin nantinya. 

"Serentak semua pertandingan akan gunakan VAR. Sebelum implementasi Februari memang kita akan trial dan sudah di uji coba di setiap lapangan," kata Sabina di Jakarta, Senin (8/1/2024). 

Dia belum bisa memastikan akan menggunakan wasit asing apa lokal untuk penerapan VAR nantinya. Sebab, harus melihat kesiapan wasit lokal lebih dahulu. 

"Untuk wasit asing, Kami melihat perkembangan. Kalau, misalkan VAR berjalan dengan baik sepertinya tidak memakai wasit asing. Namun, dilihat lagi nanti perkembangannya," ujarnya. 

Sabina Katya menuturkan, sejauh ini ada sejumlah wasit-wasit lokal yang sudah mendapatkan sertifikasi FIFA. Tentunya itu menjadi modal awal yang cukup baik sejauh ini. 

PT LIB bekerja sama dengan Hawk-Eye Innovations yang menjadi vendor rekanan FIFA untuk menyediakan VAR Liga 1 dengan anggaran Rp100 miliar. Kerja sama itu akan berlangsung delama empat tahun
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut