get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Tahun Ini Pemkab Bekasi Tambah 2 Puskesmas di Tambun dan Setu

Rabu, 17 Januari 2024 | 10:14 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah. Foto/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi memiliki rencana untuk menambahkan dua puskesmas pada tahun 2024. Dua puskesmas baru ini akan didirikan di Desa Karang Satria, Kecamatan Tambun Selatan, dan Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.

"Total puskesmas di Kabupaten Bekasi akan menjadi 53," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah pada Rabu (16/1/2014).

Alamsyah menuturkan, penambahan jumlah puskesmas pada tahun 2024 masih belum mencapai standar rasio yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Menurut standar Kemenkes, dengan jumlah penduduk sekitar 3,2 juta jiwa, Kabupaten Bekasi seharusnya memiliki 100 puskesmas.

"Masih kurang, kalau rasio dari Kemenkes setiap 30.000 penduduk dilayani oleh satu puskesmas. Jumlah penduduk di Kabupaten Bekasi 3,2 juta jiwa. Otomatis jumlah minimal 100 puskesmas," tuturnya.

Alamsyah mengatakan, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mencapai jumlah puskesmas yang ideal, termasuk masalah pengadaan lahan. 

"Persiapan untuk pembangunan lahan cukup sulit karena memerlukan koordinasi dengan instansi terkait dalam pengadaan lahan," katanya.

Pada tahun ini, terdapat lima puskesmas yang sedang mengalami proses pengembangan dan saat ini masih menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan. 

Setelah mendapatkan izin, puskesmas tersebut akan menjalani proses akreditasi dan kemudian menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Kelima puskesmas tersebut, yaitu Pebayuran, Wanasari, Cibarusah, Sriamur, dan Tambun Utara. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat mencakup seluruh wilayah Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut