get app
inews
Aa Read Next : Papmiso Gelar Tasyakuran Bagikan Bakso Gratis 1.000 Porsi dan Door Prize di Cikarang

5 Fakta Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Nomor 3 Bikin Takjub

Jum'at, 26 Januari 2024 | 09:04 WIB
header img
Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan lolos 16 Besar Piala Asia 2023. Foto/REUTERS

BEKASI, iNews.id- Timnas Indonesia berhasil menciptakan sejarah baru di dunia sepak bola dengan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Prestasi ini dicapai setelah pertandingan melawan Kirgistan berakhir imbang 1-1 pada Kamis (25/1/2024). 

Keberhasilan ini menandai pertama kalinya Indonesia melangkah ke fase gugur dalam sejarah partisipasinya di Piala Asia.

Pada laga tersebut, Indonesia memastikan tempat di 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik, mengikuti perolehan poin setelah Kirgistan bermain imbang melawan Oman. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berhasil memenuhi target yang telah ditetapkan oleh PSSI untuk mencapai fase gugur turnamen ini.

Berikut beberapa fakta menarik terkait keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023:

1. Indonesia Lolos 16 Besar melalui Peringkat 3 Terbaik

Timnas Indonesia berhasil lolos sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik di turnamen. Indonesia berada di peringkat empat di bawah Yordani, Paletina, dan Suriah. Hasil ini dipastikan setelah pertandingan Kirgistan vs Oman berakhir imbang, di mana Oman, sebagai pesaing terdekat, gagal meraih poin penuh dan harus puas di peringkat 5 klasemen.

2. Sejarah Tercipta di Qatar

Indonesia mencatat sejarah dengan lolos ke fase gugur Piala Asia 2023, menjadi pencapaian pertama sepanjang partisipasi mereka dalam turnamen ini. Sebelumnya, dari empat keikutsertaan pada tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007, Indonesia selalu terhenti di fase grup.

3. Produktif di Fase Grup

Meskipun mengalami dua kekalahan, Indonesia tampil produktif di fase grup Piala Asia 2023. Mereka selalu mencetak gol di ketiga laga penyisihan grup, dengan satu gol tercipta dalam setiap pertandingan.

4. Peringkat FIFA Terendah di 16 Besar

Timnas Indonesia mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan peringkat FIFA terendah, yaitu peringkat 146 dunia. Meskipun berada di posisi yang lebih rendah, Indonesia bersaing dengan tim-tim yang mayoritas memiliki peringkat di bawah 100. Hanya tiga tim, termasuk Indonesia, yang memiliki peringkat di atas 100.

5. Menghadapi Lawan Langganan Piala Dunia

Indonesia akan menghadapi ujian berat di babak 16 besar, karena mereka akan bertemu dengan Australia, salah satu calon juara Piala Asia 2023. Australia saat ini menduduki peringkat 25 dunia. Pertandingan bersejarah ini dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu, 28 Januari 2024, dengan harapan Indonesia mampu menciptakan kejutan yang membanggakan.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut