get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Ini Asal Muasal Penyematan Nama Babelan Bekasi

Sabtu, 03 Februari 2024 | 12:25 WIB
header img
Babelan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi. Foto/Ilustrasi/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Babelan, terletak di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Babelan merupakan salah satu kecamatan yang tak asing lagi di telinga warga Bekasi. 

Secara geografis, Babelan berbatasan dengan Tarumajaya di barat, Laut Jawa di barat laut, Muara Gembong di utara, Sukawangi di timur, Bekasi Utara di selatan, dan Tambun Utara di bagian tenggara.

Sejarah asal muasal penyematan nama Babelan selalu menarik perhatian. Seperti halnya daerah lain di Indonesia, penamaan suatu wilayah sering kali berkaitan dengan sejarah atau peristiwa tertentu.

Lalu, bagaimana sejarah penyematan nama Babelan ini? Menurut jurnal "Sejarah Sosial Kota Bekasi" karya Adeng, ada beberapa versi cerita terkait penamaan Babelan.

Versi pertama merujuk pada seorang tuan tanah etnis Tionghoa bernama Baba Land. Versi kedua cenderung mengaitkan nama tersebut dengan tempat yang sering dijadikan base camp pasukan Mataram. Namun, versi pertama lebih populer.

Menurut versi ini, pada masa Hindia Belanda, terdapat wilayah dengan banyak sawah dan pertanian produktif. Kisahnya, di daerah tersebut hidup seorang tuan tanah kaya bernama Baba Land, seorang etnis Tionghoa.

Dikarenakan Baba Land adalah pemilik tanah luas di wilayah tersebut, daerah ini mulai dikenal sebagai Baba Land. Seiring waktu, daerah ini mulai dihuni oleh banyak pendatang dari Jakarta, yang mengucapkan 'e' khas dalam logat mereka. Akhirnya, mereka menyebut Baba Land sebagai Babe Land.

Perubahan ini membuat daerah tersebut lebih dikenal sebagai Babelan, dan nama ini tetap melekat hingga kini. Demikianlah latar belakang asal muasal nama Babelan di Bekasi.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut