get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Pemkab Bekasi Gelar Botram di Karangbahagia

Sabtu, 16 Maret 2024 | 22:02 WIB
header img
Pemkab Bekasi kembali menggelar program Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) di halaman Kantor Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- Pemkab Bekasi kembali menggelar program Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) di halaman Kantor Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia pada Sabtu (16/3/2024). Program Botram ini mendapat sambutan dari masyarakat. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi (Disdukcapil) bekerja sama dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, Botram ini sebagai upaya untuk memenuhi dan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat secara cepat, tepat, dan gratis serta menjangkau ke setiap desa-desa yang ada di Kabupaten Bekasi. 

Sehingga melalui program tersebut masyarakat bisa menikmati berbagai pelayanan yang tersedia pada Botram.

"Ya, saya sangat senang melihat begitu antusiasnya masyarakat Karangbahagia dan ternyata ini memang pelayanan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat. Dimana pun kita hadir masyarakat bisa menikmati pelayanan-pelayanan gratis dan tidak harus datang jauh-jauh ke kantor kecamatan atau kantor dinas," ujarnya.

Dani menuturkan, program Botram Disdukcapil berencana akan menambah inovasi pelayanan-pelayanan lainnya. Salah satunya seperti pelayanan pembuatan SIM keliling yang langsung menjangkau masyarakat. Sehingga akan memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan tersebut.

"Bahkan nanti ada lagi inovasi yang langsung bisa keliling ke desa-desa terjauh untuk melakukan layanan mobile yang menggunakan mobil layanan. Sehingga masyarakat yang butuh layanan tersebut bisa tinggal menunggu jadwalnya. Seperti SIM keliling tapi bukan hanya SIM melainkan ada pelayanan KTP, BPJS, kesehatan, dan pendidikan," ujarnya.

Melalui program Botram ini, lanjut Dani, merupakan sebuah komitmen maupun prinsip Pemkab Bekasi dalam menyediakan berbagai macam pelayanan yang langsung menyentuh masyarakat di setiap wilayah.

"Kenapa kita targetnya sebulan dua kali, karena kami ingin semua kecamatan dan desa-desanya yang terjauh yang memang jauh dari kantor kecamatan itu bisa terjangkau semuanya," tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Inf Danang W menyampaikan, program Botram juga merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan TMMD ke-119. Bersinergi dengan Pemkab Bekasi menjadikan kegiatan tersebut sebagai momentum masyarakat di bulan Ramadhan.

"Wilayah yang belum tersentuh, kami hadir untuk membantu dengan meramaikan kegiatan ini. Selain pelayanan yang ada hari ini, kami juga telah melaksanakan berbagai kegiatan fisik maupun non fisik," ujarnya.

Dia berharap, dengan hadirnya Botram bersama TMMD ke-119 ini bisa menjadi manfaat bagi masyarakat Desa Karangmukti, Kecamatan Karangbahagia. 

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Pulo Besar Desa Karangmukti, Intan Nuraeni (17) mengaku senang dengan hadirnya program kolaboratif seperti Botram ini. Pada kegiatan tersebut Intan membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) sehingga dirinya merasa terbantu dengan adanya pelayanan tersebut di bulan ramadhan ini.

"Kami sebagai warga Kecamatan Karangbahagia mengucapkan terima kasih atas diadakannya program ini. Ini sangat membantu bagi kami untuk mengurus segala dokumen (SKCK) di wilayah kami," ujarnya. 

Dalam kegiatan Botram pada bulan ramadhan ini hadir stand-stand pelayanan seperti DPPKB, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Kantor Pos, Dinas Pendidikan, Kecamatan Karangbahagia, BPJS Kesehatan, Disnaker, Bapenda, Bank BJB, Disdukcapil, dan Samsat.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut