get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Arus Balik, 53.606 Kendaaran Melintas Jalur Pantura Bekasi Menuju Jakarta

Minggu, 14 April 2024 | 16:33 WIB
header img
Arus balik kendaraan pemudik mulai memadati Jalan Raya Pantura, Kabupaten Bekasi. FOTO/Ade Suhardi

BEKASI, iNewsBekasi.id- Arus balik kendaraan pemudik yang melintas di jalan Pantura Kabupaten Bekasi, sudah mulai mengalami peningkatan sejak hari ke 4 Lebaran pada Minggu (14/2024). Para pemudik yang memilih melakukan mudik arus balik lebih awal.

Arus lalu lintas terpantau ramai lancar, didominasi oleh sepeda motor dan mobil pribadi yang melintas dari arah Karawang menuju ke Kota Bekasi terpantau memadati Jalan Teuku Umar, Cikarang Barat hingga Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Tambun Selatan, pada Minggu (13/4/24) sore.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol Nopta Histaris Souzan mengatakan, sejak Sabtu (13/4/24) hingga Minggu (14/4/2024) sore, tercatat ada sebanyak 53.606 kendaraan memasuki wilayah Jabodetabek melalui jalur pantura Kabupaten Bekasi.

"Tercatat ada sepeda motor sebanyak 41.162 unit, untuk kendaraan mobil pribadi sebanyak 11.522 unit, sedangkan untuk bus itu 227 unit, dan truk sebanyak 695 unit," ucap Nopta saat dikonfirmasi, Minggu (14/4/2024).

Pihaknya juga telah menyiapkan ratusan personel yang di tempatkan di beberapa pos pantau, dan pos pelayanan mudik yang didirikan disepanjang Jalan Raya Pantura. 

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat lonjakan jumlah kendaraan pada arus balik. Selain itu, pihaknya memastikan kelancaran arus balik Idul Fitri 2024 kali ini, dengan menyiapkan beberapa skema pengaturan lalu lintas di Jalan Raya Pantura Kabupaten Bekasi.

"Kami memprediksi peningkatan volume kendaraan arus balik terjadi mulai Sabtu, itu masih terus meningkat sampai nanti puncak arus balik," ungkapnya.

Sementara itu, Ihsanu (39) salah satu pemudik arus balik menggunakan sepeda motor dari Cirebon menuju ke Jakarta, mengaku memilih melakukan perjalan arus balik lebih usai berlebaran di kampung halamannya guna menghindari kemacetan pada puncak arus balik.

"Dari Cirebon mau ke Jakarta, kalau di jalan sih tadi pengalihan arus itu sudah ada di wilayah Cikampek," kata Ihsanu.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut