get app
inews
Aa Read Next : Viral Pengendara Arogan di Jalan, Sahroni: Polisi Harus Galak!

Apresiasi Rekrutmen Ribuan Warga Papua, Sahroni: Polri Semakin Dekat dengan Masyarakat

Senin, 20 Mei 2024 | 15:58 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi- Komisi III DPR RI mengapresiasi Polri yang sedang melakukan rekrutmen sebanyak 10.000 orang untuk ditugaskan di jajaran Polda Papua. Puluhan ribu rekrutmen baru ini akan ditugaskan di empat provinsi berbeda mulai tahun 2024 hingga 2028.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan, sebanyak 2.000 di antaranya merupakan orang asli Papua (OAP) yang meliputi bintara, tamtama, Akpol, hingga tenaga dokter, dan paramedis yang bekerja sama dengan Universitas Cenderawasih (Uncen).

Representasi masyarakat Papua di kepolisian, lanjut dia, terutama yang akan ditugaskan di wilayah tersebut, merupakan aspek penting dalam menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap warga.

“Komisi III mendukung langkah Polri dalam memberi ruang lebih bagi warga Papua, yang ingin mengabdi untuk negaranya. Ini inisiatif yang bagus sekali, apalagi nanti setelah mereka lulus, pastinya rasa kebanggaan dan keinginan untuk mengayominya sangat berbeda. Lebih total pastinya. Jadi ini program yang bagus, dan saya yakin rekrutmen ini juga akan makin mendekatkan Polri dengan masyarakat,” kata Sahroni dalam keterangan, Senin (20/5/2024).

Menurit Politikus Partai Nasdem ini, dengan ruang cakupan Polri yang meliputi seluruh wilayah Indonesia, peran putra-putri asli daerah akan sangat diperlukan. Sebab setiap wilayah pastinya memiliki karakteristik yang berbeda.

“Jadi nantinya ke depan, harus dipastikan seluruh anak bangsa yang ingin mengabdi, baik dari Sabang sampai Merauke bisa memiliki akses dan kesempatan yang sama. Karena wilayah cakupan Polri ini kan luas sekali, seluruh Indonesia, yang tentu setiap daerah itu karakteristiknya berbeda-beda. Nah nantinya diharapkan, mereka-mereka ini yang lahir di sana, yang mengenal wilayahnya sejak lahir, bisa diprioritaskan untuk ditugaskan mengabdi di tanah kelahirannya,” ujarnya.

Sahroni berharap Polri terus dapat menjadi institusi yang merepresentasikan semangat masyarakat Indonesia dalam menjaga keharmonisan, rasa aman, dan berlomba dalam memberikan pelayanan yang terbaik.

“Polri itu diisi oleh putra-putri terbaik bangsa dari setiap daerah. Representasi semangat mengabdi untuk negara. Dan harus tetap begitu sampai kapan pun,” ucap Sahroni.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut