get app
inews
Aa Read Next : Apresiasi RKP 2025, Irwan Demokrat Ingatkan Pemerintah Fokus Bangun Desa

Iluni UI Usulkan Dana Abadi untuk Pembiayaan Pendidikan Perguruan Tinggi

Sabtu, 06 Juli 2024 | 09:35 WIB
header img
Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam. Foto/Istimewa

BEKASI,iNewsBekasi.id- Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) hadir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) degan Panja Pembiayaan Pendidikan Komisi X DPR RI. Iluni UI mengusulkan dana abadi digunakan untuk pembiayaan pendidikan perguruan tinggi.

Selain Iluni UI ada tiga ikatan alumni perguruan tinggi lainnya yang hadir dalam RDPU ini. Rapat tersebut mengangkat pandangan dan usulan masing-masing perwakilan ikatan alumni terhadap arah kebijakan pendidikan nasional saat ini dan ke depan. 

Serta pandangan dan gagasan reformulasi anggaran pendidikan, termasuk strategi pembiayaan pendidikan. Iluni UI menyampaikan pandangannya yang didukung dengan hasil survei terhadap mahasiswa aktif dan dosen UI. 

Perwakilan Iluni UI menekankan pentingnya sinergi antarperguruan tinggi. Iluni UI juga mengusulkan peningkatan kompetisi sehat antar universitas, misalnya mempertandingkan proposal dalam kompetisi penerimaan dana bantuan (hibah) dan juga perguruan tinggi perlu bekerjasama dan saling bersinergi dalam penelitian, memanfaatkan teknologi, forum diskusi dan lain sebagainya.

“Iluni UI menegaskan pentingnya dukungan Komisi X DPR RI terhadap regulasi insentif keringanan pajak dalam bentuk tax deductibility atas donasi yang diberikan oleh wajib pajak perseorangan/perusahaan untuk menumbuhkembangkan dana abadi dan donasi lainnya bagi perguruan tinggi,” ungkap Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam dalam keterangan resminya, Jumat (5/7/2024). 

Didit menuturkan, pihaknya memahami dana yang berasal dari APBN dan APBD tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia. Di samping bantuan pemerintah Perguruan Tinggi harus aktif mencari alternatif sumber pembiayaan lainnya dan bantuan dari berbagai pihak dan mengelola dana abadi dan donasi dengan baik. 

Pengelolaan dana harus dilakukan secara transparan agar mempermudah dalam pengawasannya.

Kesejahteraan dan kualitas tenaga pendidik serta sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa juga hal yang sangat penting yang harus diperhatikan, termasuk inovasi kurikulum. 

Di samping itu, Iluni UI juga mengusulkan penggiatan akses online learning sehingga dapat menjangkau mahasiswa lebih luas dengan biaya lebih murah.

Perguruan Tinggi juga perlu meningkatkan kegiatan aktif para alumni untuk memberikan workshop, seminar, training, mentoring, diskusi, dan juga bantuan serta kerjasama dari industri untuk penelitian dan pemanfaatan teknologi pada perguruan tinggi. 

Iluni UI juga mengingatkan agar sekolah dan universitas memperhatikan fasilitas bagi penyandang disabilitas agar pendidikan dapat dinikmati lebih baik bagi penyandang disabilitas.

Beasiswa bagi mahasiswa yang membutuhkan tetap perlu disalurkan dan Iluni UI menggagas adanya kontribusi (timbal balik) penerima beasiswa terutama dari program pascasarjana (seperti LPDP) yang dapat dirasakan secara langsung bagi dunia pendidikan seperti membantu penelitian, menjadi dosen tamu, memberikan pelatihan, diskusi dan lain sebagainya.

Dalam RDPU ini sejumlah perwakilan ikatan alumni yang hadir di antarany, Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam, Almaida Askandar (Wakil Ketua Policy Center Iluni UI),  Catherine (Anggota Policy Center Iluni UI), Muhammad Fakhri Muzaffar Abrar (Mahasiswa UI), Annisa Cinta (Mahasiswa UI). 

Gembong Primadjaja (Ketua Umum IA-ITB), Andi lrman (Ketua YAPI IPB), serta Tarsisius Tukijan (Alumni UNIKA Atma Jaya).
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut