get app
inews
Aa Read Next : Promosikan Judi Online, Selebgram Cantik Ini Ditangkap Polsek Tambun Selatan

UNNES dan PNJ Gelar Kolaborasi Pengabdian Masyarakat di SDN Barusari 02 Semarang

Selasa, 09 Juli 2024 | 08:24 WIB
header img
Tim pengabdian masyarakat dosen UNNES berkolaborasi dengan PNJ melakukan pengabdian masyarakat. Foto/Istimewa

BEKASI,iNewsBekasi.id- Tim pengabdian masyarakat dosen Universitas Negeri Semarang (UNNES) berkolaborasi dengan tim Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melakukan pengabdian masyarakat. Pengabdian Masyarakat ini bertema “Penguatan Media Pembelajaran Mengenai Kendaraan Bermotor Berbasis Game Virtual Reality” yang dilaksanakan di SD Negeri Barusari 02, Semarang. 

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Kepala Sekolah SD Negeri Barusari 02 dan Indah Maya Kristiana. Dalam kegiatan ini tim kelompok pengabdian masyarakat dari Unnes dan PNJ terdiri dari dosen dan mahasiswa yang diketuai Rizqi Fitri Naryanto.

Pengabdian masyarakat ini juga melibatkan sejumlah mahasiswa. Para mahasiswa bertugas membantu semua pelaksanaan acara pengabdian masyarakat.

Kegiatan diawali pengisian kuesioner untuk seluruh peserta. Kuesioner pertama terdapat 5 pertanyaan, dimana pertanyaan-pertanyaan tersebut berisi mengenai seberapa familiar para hadirin mengenai virtual reality dan bagian-bagian kendaraan. 

Hasil dari kuesioner tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa masih banyak yang belum familiar dengan virtual reality baik dalam segi pengetahuan maupun alat serta masih banyak yang belum memahami mengenai bagian-bagian kendaraan mobil dan motor.

Setelah pengisian kuesioner pre test, para peserta pengabdian masyarakat yaitu siswa SD kelas 5 dipersilahkan untuk mencoba hasil media pembelajaran dengan virtual reality dan animasi bertema bagian bagian mesin kendaraan mobil dan motor. 

Pada kesempatan tersebut, para siswa dan siswi SD Negeri Barusari 02 Semarang terlihat sangat antusias. Di mana dalam kegiatan tersebut para siswa dan siswi mendapatkan pengetahuan lebih rinci mengenai bagian-bagian kendaraan bermotor baik mobil maupun motor.

Setelah melihat animasi, para peserta pengabdian masyarakat dipersilahkan mengisi kuesioner post test dengan enam pertanyaan. Hasil dari kuesioner tersebut terdapat kenaikan tingkat pemahaman peserta mengenai bagian-bagian kendaraan mobil dan motor. 

Para siswa antusias untuk dapat belajar topik baru dengan media Game Virtual Reality karena lebih menarik dan belajar lebih menyenangkan bagi mereka. 

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat PNJ Rizqi Fitri Naryanto berharap dengan adanya kegiatan pengabdian ini peserta, terutama anak-anak, dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagian-bagian kendaraan bermotor. 

"Sehingga ke depan adik-adik siswa Sekolah Dasar dapat memahami kendaraan bermotor lebih dini dan nantinya akan lahir insinyur-insinyur ke depannya," ucapnya dalam siaran tertulis yang diterima bekasi.inews.id pada Selasa (9/7/2024).   

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut