get app
inews
Aa Read Next : Diskusi Nusantara Maju, Dani Ramdan: Industri Manufaktur Sektor utama Perekonomian Kabupaten Bekasi

PT KAI Buka Rute Langsung Kereta Api Cikarang-Bandung, Ini Jadwalnya

Senin, 12 Agustus 2024 | 09:19 WIB
header img
PT KAI membuka rute perjalanan kereta api dari Stasiiun Cikarang-Stasiun Bandung. Foto/MPI/Dok

BEKASI, iNewsBekasi.id- Kabar gembira bagi warga Jabodetabek khususnya Kota dan Kabupaten Bekasi yang ingin ke Bandung, Jawa Barat. PT KAI Daop 1 Jakarta membuka rute perjalanan langsunh Stasiun Cikarang-Stasiun Bandung

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, Stasiun Cikarang kini menjadi salah satu stasiun yang paling lengkap dalam hal integrasi angkutan kereta api. Penumpang dapat menikmati layanan Kereta Api lokal, Kereta Rel Listrik (KRL), dan Kereta Api Jarak Jauh yang terhubung langsung ke berbagai tujuan, termasuk Bandung.

"Saat ini kami sediakan rute Stasiun Cikarang-Stasiun Bandung melalui KA 268a (Cikuray) kelas ekonomi. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Cikarang pukul 18.26 WIB dan tiba di Stasiun Bandung pukul 20.54 WIB," kata Ixfan pada Minggu (11/8/2024). 

Adapun pemberangkatan dari STasiun Bandung yakni, pukul 08.32 dan tiba di Stasiun Cikarang pukul 11.46 dengan KA 267 (Cikuray). 

Tiket untuk rute Cikarang-Bandung atau Bandung-Cikarang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp45.000. Tiket ini bisa dipesan hingga 45 hari sebelum keberangkatan.

Menurut dia, keberadaan rute langsung ini memberikan kemudahan bagi penumpang yang ingin menuju Bandung tanpa harus terlebih dahulu ke Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen. 

“Bagi yang berada di luar wilayah Cikarang dapat memanfaatkan KRL atau KA lokal yang tersedia, sehingga lebih efisien dari segi biaya dan waktu, serta terhindar dari kemacetan di jalan raya,” ujarnya. 

Selain KA Cikuray, Stasiun Cikarang juga melayani sekitar 38 perjalanan KA jarak jauh lainnya, dengan tujuan ke berbagai kota seperti Cirebon, Tegal, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang. 

Seiring dengan peningkatan layanan, volume penumpang di Stasiun Cikarang juga terus bertambah. Hingga saat ini, Stasiun Cikarang telah melayani lebih dari 7,7 juta penumpang KRL, lebih dari 2 juta penumpang KA lokal, dan hampir 400.000 penumpang KA jarak jauh.

Untuk mendukung kenyamanan penumpang, Stasiun Cikarang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk eskalator, lift, toilet (termasuk untuk difabel), musala, kursi penumpang, ruang pos kesehatan, ruang laktasi, ruang pengamanan, dan taman bermain anak. 

Selain itu, bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan dengan transportasi umum, Terminal Cikarang hanya berjarak 4,3 kilometer dari stasiun, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut