get app
inews
Aa Read Next : 48 Anggota Paskibraka Kabupaten Bekasi Jalani Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan

Diskusi Nusantara Maju, Dani Ramdan: Industri Manufaktur Sektor utama Perekonomian Kabupaten Bekasi

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 18:34 WIB
header img
Dani Ramdan saat masih menjabat sebagai Pj Bupati Bekasi. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- iNews.id menggelar diskusi bertajuk Nusantara Maju: Dari Daerah untuk Indonesia yang menghadirkan sejumlah kepala daerah sebagai narasumber. Salah satunya Dani Ramdan saat masih menjabat sebagai Pj Bupati Bekasi beberapa waktu lalu. 

Dalam diskusi yang disiarkan melalui kanal YouTube iNews.id ini Dani Ramdan menyampaikan industri manufaktur menjadi sektor utama yang mendorong perekonomian di Kabupaten Bekasi

Adanya 11 kawasan industri yang tersebar di Kabupaten Bekasi ini, menjadi kabupaten yang merupakan saudara tertua Kota Bekasi ini pusat industri manufaktur.

"Kabupaten Bekasi tidak hanya menjadi pusat industri manufaktur di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Sebanyak 60% manufaktur Indonesia ada di Jawa Barat," ungkap Dani dalam diskusi bertajuk Nusantara Maju: Dari Daerah untuk Indonesia yang disiarkan iNews.id, pada Kamis, 29 8 Agustus 2024.  

Diskusi digelar bersama Pengamat Komunikasi Universitas Tarumanagara, Diah Ayu Candraningrum dan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

Dani menerangkan, kontribusi industri manufaktur terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Bekasi sangat signifikan, mencapai 75%. Ini menjadikan sektor manufaktur sebagai pilar utama dalam perekonomian daerah. 

Sementara itu, sektor pertanian memberikan kontribusi sekitar 7% terhadap PDRB Kabupaten Bekasi. Meskipun relatif kecil dibandingkan dengan manufaktur, sektor pertanian tetap menjadi bagian penting dari ekonomi lokal, khususnya dalam hal ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan.

Dani menekankan ke depan Kabupaten Bekasi akan terus memperkuat posisi sebagai pusat industri manufaktur yang unggul, sambil tetap mengembangkan sektor-sektor lainnya untuk menciptakan keseimbangan dalam perekonomian. 

Sementara itu, Pengamat Komunikasi Universitas Tarumanagara, Diah Ayu Candraningrum memberi sorotan pada sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Bekasi. Pendidikan dinilai sangat penting untuk menunjang keberlanjutan industri. "Jadi fokus utama bagaimana caranya kualitas SDM. Karena adanya industri manufaktur tadi menjadi maju," ucapnya.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut