Musim Hujan, PLN Bekasi Siaga 24 Jam Antisipasi Gangguan Listrik

BEKASI, iNewsBekasi.id- PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi potensi gangguan listrik yang disebabkan cuaca ekstrem. Hujan deras, angin kencang, petir, dan banjir kerap menjadi faktor utama yang dapat mengganggu pasokan listrik.
Manajer PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra mengatakan, PLN UP3 Bekasi telah mengambil langkah preventif guna memastikan keandalan sistem kelistrikan bagi pelanggan.
Sebagai bagian dari langkah antisipasi, PLN UP3 Bekasi melakukan pemangkasan pohon di enam wilayah tersebar di Bekasi yang dinilai rentan terhadap gangguan listrik akibat pohon tumbang.
PLN UP3 Bekasi, lanjut dia, telah menyiagakan tim teknis 24 jam dan sejumlah peralatan pendukung selama musim hujan untuk memastikan respons cepat terhadap gangguan listrik.
“Kami menyiagakan sebanyak 228 petugas yang terdiri dari 40 pegawai teknik dan 188 petugas pelayanan teknik yang siap siaga 24 jam untuk mengatasi potensi gangguan listrik. Tim kami siap bergerak ke lokasi gangguan kapan pun dibutuhkan," kata Donna dalam keterangannya pada Jumat (31/1/2025).
Donna menuturkan, PLN UP3 Bekasi juga telah menyiapkan berbagai peralatan pendukung untuk menghadapi cuaca ekstrem, di antaranya 15 unit Gardu Bergerak (UGB), 1 unit Kabel Bergerak (UKB), 1 Uninterruptible Power Supply (UPS), 12 unit Genset, 3 unit perahu karet, dan 1 unit Crane yang siap digunakan kapan saja untuk memitigasi gangguan kelistrikan di wilayah terdampak.
Selain itu, upaya preventif lainnya yang dilakukan yakni, peninggian konstruksi gardu listrik sebanyak 315 gardu di lokasi yang rawan banjir. "Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko gangguan listrik akibat genangan air yang sering terjadi saat musim hujan," ujarnya.
Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Murdifi mengungkapkan, PLN akan terus berupaya menjaga pasokan listrik tetap andal bagi masyarakat.
“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Dengan kesiapsiagaan yang telah kami lakukan, kami berharap dapat mengurangi dampak gangguan listrik selama musim hujan,” ungkapnya.
PLN mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan gangguan listrik melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123. Dengan kerja sama antara PLN dan masyarakat, diharapkan pasokan listrik tetap terjaga meskipun menghadapi tantangan cuaca ekstrem.
PLN juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keandalan listrik, antara lain dengan menghindari aktivitas di bawah jaringan listrik, melaporkan kepada PLN apabila terdapat kerusakan atau kondisi jaringan listrik yang terlihat tidak normal, menggunakan listrik secara bijak, terutama saat cuaca ekstrem.
Editor : Wahab Firmansyah