Pola Konsumsi dan Belanja selama Ramadhan Berubah, Perlu Bijak Kelola Keuangan

BEKASI, iNewsBekasi.id- Ramadhan menjadi momen sakral yang selalu diikuti perubahan pola konsumsi dan pola perilaku belanja masyarakat secara signifikan. Maka hal yang tidak boleh diabaikan adalah kearifan dalam pengelolaan keuangan.
Data InMobi & Glance mengungkapkan 40% konsumen Indonesia telah memulai persiapan belanja sejak dua minggu sebelum Ramadhan.
Sementara itu, laporan dari Ipsos menyatakan bpengeluaran individu selama Ramadhan meningkat hingga 1,6 kali lipat dibandingkan bulan biasa.
Survei JakPat 2023 menunjukkan 87,3% masyarakat berencana untuk mengikuti acara buka puasa bersama dengan keluarga dan kerabat selama Ramadhan.
Tidak hanya pola konsumsi dan berbelanja masyarakat yang berbeda saat Ramadhan, tetapi tradisi mudik menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi banyak orang di Indonesia, terutama saat Lebaran.
Survei terbaru dari Kementerian Perhubungan pada tahun 2024 menunjukkan angkutan untuk mudik Lebaran terbanyak adalah kereta api sebesar 20,3%, diikuti bus 19,4%, mobil pribadi 18,3%, dan sepeda motor sebesar 16,07%.
Merespon tren ini, Danamon menyediakan berbagai program yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah selama Ramadhan, mulai dari promo dining, transaksi online, hingga travel.
Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Ivan Jaya, mengatakan, promo produk selama bulan suci Ramadan sebagai respons terhadap perubahan perilaku konsumsi masyarakat selama Ramadhan.
Program bertajuk Ramadan Lebih Berkah ini dirancang untuk mendukung nasabah menjadi smart spender, memanfaatkan promo bank dengan bijak dan terencana untuk mendapatkan nilai lebih selama Ramadhan.
"Kami melihat adanya peningkatan signifikan dalam pengeluaran, terutama untuk kebutuhan berbuka puasa, persiapan Lebaran, dan mudik," kata Ivan Jaya, Senin (10/3/2025).
Melalui Ramadan Lebih Berkah, lanjut Ivan, pihaknya hadir untuk membantu nasabah mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak dan terencana. Sehingga nasabah memaksimalkan nilai dari setiap rupiah yang dibelanjakan.
Mengantisipasi tradisi mudik Lebaran, Danamon juga menyediakan fasilitas untuk memudahkan persiapan perjalanan nasabah.
Promo cicilan 0% hingga 24 bulan dengan minimal transaksi sebesar Rp500.000 juga berlaku untuk pembelian tiket transportasi menggunakan Kartu Kredit dan Charge Danamon melalui mitra e-commerce, travel agent, dan online travel agent.
Salah satu produk unggulan lainnya adalah Zurich Travel Insurance, yang memberikan perlindungan komprehensif untuk perjalanan domestik dan internasional.
Bagi nasabah yang memilih untuk berlibur ke luar negeri selama periode Ramadan dan Lebaran, Danamon menyiapkan kemudahan melalui Tabungan Danamon LEBIH PRO.
Tabungan ini menawarkan transaksi valas dengan rate yang berani diadu melalui aplikasi D-Bank PRO, dengan mengganti selisih 5 kali lipat jika ada rate bank lain yang lebih kompetitif.
"Melalui rangkaian program Ramadan Lebih Berkah', Danamon berkomitmen untuk membantu nasabah menjalani Ramadan dengan cerdas secara finansial," ucapnya.
Editor : Wahab Firmansyah