get app
inews
Aa Read Next : Lampu Beam di Istora Senayan Terbakar, Semifinal Indonesia Masters 2024 Ditunda

Rinov Rivaldy Pebulu Tangkis Muda Indonesia Sebut Atlet Idolanya Rival Markis Kido/Hendra Setiawan

Senin, 23 Agustus 2021 | 21:14 WIB
header img
Rinov Rivaldy. (Foto: Badmintonindonesia.org)

BEKASI, iNews,id - Pebulu tangkis muda Indonesia Rinov Rivaldy, sempat kesulitan menjawab siapa atlet idolanya. Sampai dia tersadar dengan satu nama Koo Kien Keat.

Setiap pebulu tangkis pasti memiliki atlet idolanya masing-masing. Beda negara tidak masalah, karena sebagian besar dari mereka menganggap sang idola mampu membangkitkan semangat meraih prestasi di pentas internasional.

Salah satu yang punya atlet idola asing ialah Rinov Rivaldy. Pebulu tangkis Indonesia berusia 21 tahun itu mengaku mengidolai Koo Kien Keat. 

"Koo Kien Keat, karena jago mainnya," kata Rinov, dikutip dari YouTube BWF TV, Senin (23/8/2021).

Koo Kien Keat memang bukanlah asli Indonesia bila dilihat namanya. Dia merupakan mantan pebulu tangkis ganda putra Malaysia yang sudah pensiun sejak 2016.

Sudah banyak prestasi ditorehkan Koo Kien Keat di kancah internasional. Salah satunya medali emas dalam ajang Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Saat itu Koo Kien Keat dan Tan Boon Heong melawan ganda putra Indonesia, Lulul Hadiyanyo/Alvent Yulianto. Mereka menang dengan skor 21-13 dan 21-14.

Namun, pada Asian Games 2010 di Guangzhou, China, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong tak berdaya oleh wakil Indonesia. Di final mereka bertemu ganda putra terbaik saat itu, Markis Kido/Hendra Setiawan. 

Lewat rubber-set yang ketat, pasangan Malaysia itu kalah 21-16, 24-26, dan 19-21.

Bukan kali itu saja Koo Kien Keat kalah dari Markis/Hendra. Sebelumnya pada Olimpiade Beijing 2008, mereka merasakan kekalahan pertama dari pasangan Indonesia itu dengan skor 16-21, 18-21.

Melihat Koo Kien Keat yang kenyang pengalaman melawan sejumlah legenda Indonesia pastinya tak heran jika Rinov mengidolainya. Jelas, diharapkan Rinov bisa sejajar atau melebihi Koo Kien Keat pada masa yang akan datang.

Kini Rinov memang menjadi atlet bulu tangkis Indonesia yang dinilai siap ke pentas yang lebih tinggi. Namanya sudah mencuri perhatian berkat kesuksesannya meraih gelar Spain Masters 2021. Menurut kabar, dia dan atlet muda lain akan disertakan dalam Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Editor : Muhammad Rizky Permana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut