get app
inews
Aa Text
Read Next : Inovasi dari Pesisir, Pelindo Dorong Startup Hadirkan Solusi Berkelanjutan

Seragam Baru Untuk Porter Pelabuhan, Wujud Apresiasi dan Kepedulian

Selasa, 23 Desember 2025 | 16:43 WIB
header img
Pelindo menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa seragam baru untuk porter pelabuhan. Foto/IST

JAKARTA, iNews.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) berupa seragam baru untuk porter pelabuhan.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Sodikin, mengatakan penataan layanan porter menjadi salah satu fokus perusahaan karena porter berinteraksi langsung dengan penumpang, khususnya dalam membantu pengangkutan barang bawaan.

“Bagi penumpang, terutama yang membawa banyak barang, kejelasan identitas porter sangat penting untuk membangun rasa aman dan nyaman. Melalui seragam resmi, penumpang dapat dengan mudah mengenali porter yang bertugas di area terminal,” ujar Ali, Selasa (23/12/2025).

Pembagian seragam baru ini merupakan bagian dari Program Quick Win Pelindo dengan semangat “Melayani Sepenuh Hati”, yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan di terminal penumpang.

Program ini juga menjadi wujud komitmen Pelindo dalam mendorong layanan porter yang lebih tertib, profesional, dan berorientasi pada kenyamanan pengguna jasa.

Penyaluran bantuan disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing terminal penumpang pada setiap regional dan cabang. Penyerahan seragam dilaksanakan secara serentak di seluruh regional Pelindo.

Sebanyak 3.612 seragam baru diberikan kepada porter pelabuhan yang tersebar di empat regional. Regional 1 meliputi Belawan, Tanjung Pinang (Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dan Kijang), serta Tanjung Balai Karimun dengan total 239 porter.

Regional 2 mencakup Tanjung Priok, Pontianak, Tanjung Pandan, dan Pangkal Balang dengan 350 porter. Regional 3 meliputi Tanjung Perak, Tanjung Emas, Trisakti, Tenau Kupang, Benoa, serta Lembar/Gilimas dengan total 837 porter.

Regional 4 menjadi wilayah dengan jumlah porter terbanyak, yakni 2.186 orang, meliputi Makassar, Balikpapan, Jayapura, Manado, Bitung, Sorong, Nunukan, dan Parepare.

Melalui langkah ini, Pelindo berharap terminal penumpang dapat menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan tertib, terutama pada periode dengan tingkat kepadatan tinggi seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Dengan seragam baru ini, kami berharap porter semakin termotivasi, tampil profesional, dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Ali.

Editor : Abdullah M Surjaya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut