Logo Network
Network

Pemprov DKI Siapkan Ratusan Bus untuk Mudik Gratis 2022, Begini Cara Daftarnya

Muhammad Refi Sandi
.
Selasa, 12 April 2022 | 10:49 WIB
Pemprov DKI Siapkan Ratusan Bus untuk Mudik Gratis 2022, Begini Cara Daftarnya
epala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: BNPB).

JAKARTA, iNews.id - pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bakal menyiapkan bus dan truk untuk mudik gratis Idul Fitri 1443 Hijriah. Ratusan bus pun akan disiapkan untuk arus mudik dan arus balik.

"Unitnya ada 292 bus yang akan diberangkatkan pada arus mudik. Kemudian arus baliknya ada 200 bus yang akan menjemput para pemudik yang akan kembali ke Jakarta. Sehingga total bus yang dialokasikan itu adalah sebanyak 492 bus," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Syafrin Liputo, Senin (11/4/2022).

Syafrin mengatakan bahwa truk disiapkan sebanyak 31 unit guna mengangkut kendaraan roda dua milik pemudik.

"Kami siapkan pendampingan truk untuk mengangkut roda dua bagi pemudik yang pulang dengan roda dua. Jadi untuk roda dua kami siapkan pada saat arus mudiknya itu 22 truk kemudian arus baliknya sebanyak sembilan truk. sehingga total kami kerahkan 31 truk untuk arus mudik dan arus balik tahun ini," ucapnya.

Kemudian, Syafrin menyebut bus dan truk tersebut untuk sementara menuju ke kota pada lima provinsi tujuan mudik yang sebelumnya telah diriset oleh Dishub DKI.

"Sementara untuk kota-kota tujuan kami sudah identifikasi ada lima provinsi yang nantinya menjadi tujuan arus mudik dari Pemprov DKI mulai dari sumatera itu ada Sumatera Selatan di Palembang, kemudian ada di Lampung baru kemudian Jawa Tengah, DIY dan juga Jawa Timur," ujarnya.

Lebih lanjut, Syafrin menuturkan bahwa pengumuman pendaftaran beserta persyaratan mudik gratis akan segera dikeluarkan melalui website resmi Dishub DKI.

"Kami akan umumkan lewat Website Dishub, tentu secara online akan bisa daftar. Salah satu persyaratannya peserta mudik wajib ber-KTP Jakarta," tuturnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Bagikan Artikel Ini