Simak Ya! Ini Daftar Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah Bagi Rakyat serta Mahasiswa Asing

Stefani Ira Pratiwi-Litbang MPI
Daftar Negara yang Gratiskan Biaya Kuliah Bagi Rakyat serta Mahasiswa Asing. (Foto: Dok Okezone)

Adapun pilihan universitas dengan biaya kuliah gratis di Slovenia adalah University of Maribor, University of Ljubljana, dan University of Nova Gorica. 

4. Jerman 

Mereka yang berasal dari Jerman, Eropa, atau bahkan merupakan orang non-Eropa, semuanya dapat belajar di Jerman secara gratis. 

Namun perlu pendalaman lagi mengenai makna kata “gratis.” Gratis di sini memiliki artian tidak dikenai biaya kelas sehingga wajib bagi mahasiswa tetap membayar biaya administrasi. 

Hal ini hampir berlaku untuk semua program studi di perguruan tinggi negeri. Biaya tersebut umumnya dikenal sebagai kontribusi semester yang dibayarkan di awal semester. 

Nominalnya tergantung dari masing-masing universitas, namun biasanya ada pada kisaran antara 150-250 Euro/semester. 

Ada banyak perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan gratis untuk mahasiswa internasional. Di antaranya adalah Technical University of Munich, Ludwig Maximilian University of Munich, Humboldt University of Berlin, University of Hamburg, Free University of Berlin, RWTH Aachen University, University of Mannheim, dan University of Cologne. 

5. Swedia 

Sebagian besar universitas di Swedia memberikan pendidikan secara gratis untuk warga negara EU/EEA (Uni Eropa/Area Ekonomi Eropa) dan Swiss. 

Sedangkan bagi mahasiswa non EU/EEA ada kewajiban untuk membayar biaya kuliah tergantung dengan universitas dan disiplin ilmu yang dipilih.

Editor : Eka Dian Syahputra

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network