Kisah Uwais Al Qarni, Pemuda yang Terkenal di Langit Berkat Berbakti Gendong sang Ibu Naik Haji

Hantoro, Jurnalis
Kisah Uwais Al Qarni, Pemuda yang Terkenal di Langit Berkat Berbakti Gendong Sang Ibu Naik Haji. Foto: Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kisah pemuda bernama Uwais al Qarni yang begitu terkenal di langit berkat berbakti pada ibunya banyak mengandung hikmah. Diceritakan Uwais merupakan orang yang sangat masyhur di langit lantaran namanya kerap disebut-sebut Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Bukan tanpa sebab Uwais al Qarni selalu dikisahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai tabi'in atau pengikut yang terbaik, sebab berkat kesalihannya dan berbaktinya terhadap ibunda tercinta.

Diketahui bahwa Uwais al Qarni bernama lengkap Uwais bin Amir bin Jus'in al Qarni al Muradi al Yamani. Dia adalah pemuda yatim yang berasal dari Suku Qarn di Yaman, sebelah selatan Arab Saudi, dan pernah menderita penyakit kulit.

Sehari-hari Uwais al Qarni mencari nafkah dengan berdagang dan menggembala kambing milik orang lain. Dia masuk Islam setelah beberapa sahabat yang diutus Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah di Yaman.

Di rumahnya yang kecil dan reyot, Uwais al Qarni hidup berdua dengan sang ibu yang seorang tunanetra. Berkat bakti tinggi kepada si ibu inilah yang membuat namanya disebut-sebut oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bahkan dalam sebuah keterangan riwayat yang dikutip iNewsBekasi.id kutip dari Okezone, Uwais al Qarni berkata, "Tidak akan pernah terlontarkan dari mulut ibuku, kecuali akan kulakukan yang dia inginkan."

Hingga pada suatu ketika ibundanya berkata, "Wahai Uwais, ibu sudah tua. Andai kematian mendatangi ibu, ada beberapa keinginan yang ibu ingin merasakan keinginan tersebut."

"Apa itu, Ibu? Katakan," jawab Uwais al Qarni dengan penuh rasa penasaran.

"Ibu ingin pergi haji," jelas sang ibu yang sudah sangat renta kepada Uwais al Qarni.

Editor : Eka Dian Syahputra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network