Ini Alasan Banyak Investor Takut Investasi di IKN

Iqbal Dwi Purnama
ilustrasi pembangunan di IKN (foto: PUPR)

BEKASI, iNewsBekasi.id- Badan Usaha Milik Otorita (BUMO) PT Bina Karya (Persero) menyampaikan sejumlah alasan masih banyak calon investor yang takut berinvestasi langsung ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Salah satunya populasi di IKN. 

Hal ini disampaikan Direktur Utama Badan Usaha Milik Otorita (BUMO) PT Bina Karya (Persero) Boyke P Soebroto. Dia mengatakan, kekhawatiran calon investor datang paling banyak terkait jumlah populasi di IKN. 

Diduga pada tahap awal hanya diisi oleh beberapa ASN yang mendapatkan penugasan khusus saja dari Pemerintah Pusat.

"Bayangkan saja, kalau sampean menjadi pengusaha di tanah yang kosong gitu misalnya, terus tidak ada penduduknya, terus sampean yang komersial kan takut kan?" kata Boyke di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Hal inilah yang menjadi gambaran para pelaku usaha ketika hendak berinvestasi ke IKN. Sebab jumlah populasi kaitannya dengan tingkat konsumsi masyarakat dan berpengaruh terhadap imbal hasil atas investasi yang dilakukan.

Maka dari itu, kata Boyke, skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) saat ini menjadi salah satu upaya untuk mendatangkan pembiayaan untuk menggarap proyek Ibukota baru tersebut. Dengan begitu pelaku usaha mau menanamkan modalnya karena jaminan lewat alokasi APBN.

"Nah kalau ada peran pemerintah. Melalui KPBU misalnya, jadi berani karena ada jaminan pemerintah. Jadi kalau misalnya terjadi default begitu, ya saya misal sebagai pelaku usaha akan dibayar oleh Pemerintah," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network