Kabar Gembira! MRT Akan Hadir di Tambun Selatan, Cibitung hingga Cikarang

Jonathan Simanjuntak
Moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) akan hadir di Kabupaten Bekasi. Foto/MPI 

BEKASI, iNewsBekasi.id- Kabar gembira bagi warga Tambun Selatan hingga Cikarang, Kabupaten Bekasi. Pasalnya fasilitas transportasi modern Mass Rapid Transit (MRT) akan hadir di Kabupaten Bekasi. 

Rencananya ada pembangunan lima stasiun MRT yang akan tersebar di beberapa titik strategis di wilayah tersebut. Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi Agus Budiono mengatakan, jalur MRT ini akan melintasi Kabupaten Bekasi sebagai bagian dari proyek besar yang menghubungkan Balaraja hingga Bekasi. 

"Rencana ini akan dilaksanakan dalam dua tahap dengan fase pertama berfokus di Balaraja. Lima stasiun yang direncanakan di Kabupaten Bekasi akan dibangun dalam fase kedua," kata Agus, Jumat (9/8/2024).

Lima stasiun MRT tersebut akan berlokasi di Karangsatria, Sumberjaya Tambun Selatan, Wanajaya, Cibitung, dan Cikarang. Pembangunan ini dijadwalkan dimulai pada tahun 2024 dengan pelaksanaan sosialiasi dan pembebasan lahan, sementara konstruksi fisik direncanakan berlangsung antara 2027 hingga 2030.

Agus menuturkan, lintasan MRT akan dibangun menggunakan tiang pancang untuk mengurangi kebutuhan pembebasan lahan. “Rel MRT akan berada di atas, sehingga pembebasan lahan yang diperlukan tidak terlalu besar,” tuturnya.

Selain pembangunan stasiun, Pemkab Bekasi juga merencanakan pengadaan transportasi penghubung untuk memudahkan akses masyarakat ke stasiun-stasiun MRT, guna menghindari penumpukan penumpang di titik-titik tersebut.

Masyarakat diharapkan menyambut baik proyek MRT ini, karena selain mengurangi kemacetan yang kerap melanda wilayah Bekasi, hadirnya MRT juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. 

“Dengan adanya MRT, masyarakat akan memiliki lebih banyak pilihan transportasi, di samping LRT dan KRL yang sudah ada. Ini tentu akan membantu mengurangi kemacetan dan mendorong ekonomi lokal,” ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network