Disaksikan BPKP, IFG Tandatangani Piagam Komitmen Anti Fraud

Wahab Firmansyah
Wakil Direktur Utama IFG Haru Koesmahargyo (kedua dari kanan) dan Komisaris Utama IFG Fauzi Ichsan (kiri) berbincang dengan Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari (kedua dari kiri) didampingi oleh Direktur Investigasi III BPKP, Panut (kanan). Foto/Istimewa

BEKASi, iNewsBekasi.id- Indonesia Financial Group (IFG) dan anggota holdingnya menandatangani Piagam Komitmen Anti Fraud. Penandatanganan yang disaksikan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ini untuk memperkuat implementasi sistem antifraud di ekosistem holding BUMN asuransi, penjaminan, dan investasi tersebut.

Wakil Direktur Utama IFG Haru Koesmahargyo mengatakan, penguatan sistem antifraud ini sejalan dengan amanat dari Kementerian BUMN. Implementasi sistem tata kelola yang baik, manajemen risiko yang efektif, dan pengendalian internal diyakini mampu menekan risiko kecurangan di lingkungan BUMN.

“Kerja sama ini merupakan keseriusan IFG dan anggota holding untuk mencegah terjadinya fraud melalui implementasi tata kelola yang baik, dan manajemen risiko yang efektif dalam operasional bisnis perusahaan. Ini dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap industri keuangan khususnya asuransi, penjaminan dan investasi," kata Haru Koesmahargyo dalam siaran tertulis pada Selasa (13/8/2024). 

Haru menuturkan, hal ini sejalan dengan diterbitkannya POJK No. 12 Tahun 2024 tentang Penerapan Strategi Anti Fraud bagi Lembaga Jasa Keuangan. 

IFG sebagai perusahaan yang dikategorikan konglomerasi keuangan melakukan persiapan lebih dini dalam implementasi POJK tersebut baik di IFG maupun di anggota holding.

Selain penandatanganan Piagam Komitmen tersebut, agenda juga diisi dengan diskusi dan sosialisasi oleh BPKP mengenai penerapan strategi penerapan antifraud di ekosistem BUMN.

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari menuturkan, dengan penandatanganan Piagam Komitmen Anti Fraud ini, BPKP akan mendukung peningkatan kinerja dan tata kelola di BUMN. 

”Kegiatan hari ini merupakan bentuk keberlanjutan dari komitmen kita bersama dalam upaya membangun akuntabilitas dan memperkuat tata kelola korporasi negara yang baik dan bersih, " tutur Agustina.

Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya IFG dalam meningkatkan kesadaran dan komitmen dalam mencegah terjadinya fraud di ekosistem IFG yang berdampak pada peningkatan kepercayaan dari masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari, Komisaris Utama IFG Fauzi Ichsan, dan Direktur Utama anggota holding IFG antara lain PT Jasa Raharja, PT Jamkrindo, PT Askrindo, PT Jasindo, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Sekuritas, PT Bahana Artha Ventura, PT Bahana Kapital Investa, dan PT Graha Niaga Tatautama.

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network