BEKASI,iNewsBekasi.id- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggelar Tour D’Banking untuk memperkenalkan kegiatan perbankan dan perilaku berkelanjutan kepada para pelajar.
Di Indonesia, isu keberlanjutan belum terlalu populer untuk dikenalkan sedari dini baik secara konsep maupun penerapannya sehari-hari.
Environmental Performance Index (EPI) yang menilai isu keberlanjutan dari berbagai aspek menunjukkan bahwa Indonesia masih berada di peringkat 162 dari 180 negara yang disurvei.
Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia post-Gen Z (kelahiran 2013 dan seterusnya) berjumlah sekitar 10,88%, yang mengindikasikan bahwa peran mereka dalam perekonomian Indonesia di masa depan sangat penting.
Psikolog spesialis masalah anak dan keluarga Rosdiana Setianingrum mengatakan, masa kanak-kanak adalah periode emas untuk membangun kebiasaan dan pola pikir yang akan dibawa sepanjang hidup.
Sosialisasi edukasi keuangan, lingkungan, dan kebencanaan sejak dini menjadi penting dalam membentuk ilmu dan pandangan mereka terhadap isu keberlanjutan dan mengembangkan kebiasaan yang positif dan bertanggung jawab.
Atas dasar hal tersebut, sektor pendidikan, yang terdiri atas pelajar, orang tua murid, guru, serta manajemen sekolah, menjadi salah satu komunitas yang menjadi fokus sasaran Danamon dalam mengembangkan program tanggung jawab sosialnya, salah satunya terkait literasi.
Head of Sustainability Finance PT Bank Danamon Indonesia Tbk Abdul Hadi mengatakan, Tour D’Banking adalah salah satu inisiatif untuk memberikan edukasi mengenai keberlanjutan sejak dini kepada pelajar.
"Kami percaya bahwa edukasi ini penting untuk membentuk generasi yang lebih peduli terhadap lingkungan dan lebih bertanggung jawab dalam mengelola keuangan mereka," katanya pada Jumat (16/8/2024).
Menurut dia, Tour D’Banking yang mengundang pelajar untuk mengunjungi cabang-cabang Danamon. Program ini merupakan elaborasi program Mini Banking sebelumnya ini bertujuan untuk mengenalkan literasi keuangan, literasi lingkungan, dan literasi kebencanaan serta memberikan edukasi tentang produk dan aktivitas perbankan.
Program ini juga sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan Masyarakat.
"Danamon berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan lingkungan, sejalan dengan visi perusahaan untuk tumbuh bersama dan memberikan solusi keuangan yang komprehensif," ucapnya.
Editor : Wahab Firmansyah
Artikel Terkait