Puluhan Pelajar SMK Barunawati Ikuti Pelatihan Jurnalistik JJU dan Pelindo

Yohannes Tobing
Jurnalis Jakarta Utara (JJU) mengadakan kegiatan "JJU Mengajar" di SMK Barunawati. Foto/Yohannes Tobing

BEKASI, iNewsBekasi.id- Dalam upaya memperkenalkan dasar-dasar jurnalistik sekaligus meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar. Kelompok kerja (Pokja) Jurnalis Jakarta Utara (JJU) kembali mengadakan kegiatan "JJU Mengajar".

Kegiatan ini digelar bersama PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok sebagai mitra utama. Pelatihan jurnalistik bertajuk "Menghubungkan Generasi Muda dengan Dunia Media" ini berlangsung selama dua hari, pada 19-20 September 2024, di SMK Barunawati, Tanjung Priok.

Sebanyak 20 pelajar berpartisipasi dalam kegiatan ini, para peserta diberikan berbagai materi terkait penulisan naskah berita, teknik pengambilan gambar, serta perkembangan dunia digital. 

Termasuk mengantisipasi penyebaran hoaks dan memperkuat literasi digital di era informasi saat ini. 

Kepala SMK Barunawati, Munawaroh menyampaikan rasa bangganya terhadap pelatihan ini yang sangat bermanfaat. Ia berharap pelatihan ini bisa terus berlanjut agar para pelajar semakin siap menghadapi dunia media yang dinamis.

"Ini luar biasa buat kami. Pelatihan ini membuka cakrawala pengetahuan baru bagi siswa-siswi kami tentang dunia jurnalistik. Kerja sama dengan JJU dan Pelindo ini bisa terus berkelanjutan," kata Munawaroh saat dikonfirmasi pada Minggu (22/9/2024).

Sementara itu, Manager SDM, Umum, Kemitraan, dan Bina Lingkungan (KBL) Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Lukman Salamudin menjelaskan, program ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu generasi muda lebih bijak dalam bermedia sosial dan memiliki bekal yang baik untuk menjadi jurnalis yang kompeten," ujarnya.

Ia juga berharap program serupa dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah lain di wilayah sekitar Tanjung Priok dan para peserta diharapkan mampu mengasah kemampuan jurnalistik dan literasi digital mereka, serta menjadi agen perubahan dalam menyebarkan informasi yang akurat dan bermanfaat di tengah masyarakat.

Adapun materi pertama yang diajarkan berjudul "Asyik Menulis Berita" dibawakan oleh Salman, dosen dan produser MNC TV, diikuti oleh sesi "Bercerita Lewat Gambar" oleh Gandhi Armansyah, kontributor BTV dan Beritasatu.com.

Puncaknya, materi tentang "Antisipasi Hoaks dan Literasi Digital bagi Pelajar" disampaikan oleh Junianto Hamonangan, editor Warta Kota dari Tribun Network. Pada hari kedua, para pelajar dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan praktik lapangan. 
 

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network