PLN Icon Plus Siapkan Teknologi Dukung UMKM Retail Bersinar di Era Digital

Wahab Firmansyah
PLN Icon Plus Siapkan Teknologi Dukung UMKM Retail Bersinar di Era Digital Pelaku UMKM harus beradaptasi memperkuat infrastruktur teknologi. Foto/Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id- Perubahan pola belanja konsumen yang semakin mengarah pada digitalisasi mengharuskan pelaku UMKM untuk beradaptasi, memperkuat infrastruktur teknologi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

PLN Icon Plus menawarkan solusi teknologi untuk membantu UMKM retail bertahan dan berkembang di era digital. Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan, dalam dunia retail, kecepatan dan kemudahan akses menjadi kebutuhan utama. 

Konsumen menginginkan layanan yang cepat, mulai dari informasi produk, transaksi yang aman, hingga pengiriman yang efisien. 

"Di sinilah kami berperan melalui layanan internet broadband yang menawarkan konektivitas internet stabil untuk mendukung operasional bisnis retail," kata Ari dalam keterangannya pada Senin (10/2/2025).

Dengan jaringan yang andal, lanjut dia, UMKM dapat menjalankan toko online, memperbarui stok secara real-time, dan memastikan semua transaksi berjalan lancar tanpa gangguan.

Ari menuturkan, pihaknya memberikan solusi cloud services, yang memungkinkan UMKM mengelola data penting seperti inventaris, laporan penjualan, hingga analisis tren pembelian konsumen. 

Dengan teknologi berbasis cloud, pemilik usaha tidak hanya dapat menyederhanakan proses operasional, tetapi juga mendapatkan wawasan yang lebih mendalam untuk meningkatkan strategi bisnis.

Tidak hanya itu, PLN Icon Plus memahami pentingnya pengalaman pelanggan dalam industri retail. Untuk menciptakan daya tarik yang lebih besar di toko fisik, layanan Digital Signage dari PLN Icon Plus menjadi solusi modern yang efektif. 

"Teknologi ini memungkinkan pelaku retail menampilkan informasi produk, promosi, hingga penawaran spesial secara digital dan dinamis," tuturnya. 

Menurut dia, dengan tampilan visual yang menarik, toko retail dapat memberikan pengalaman belanja yang berbeda dan meninggalkan kesan positif bagi pelanggan.

Namun, adaptasi terhadap teknologi tidak hanya berhenti pada infrastruktur. "Kami juga menyediakan Learning Management System (LMS) untuk membantu pelaku UMKM retail meningkatkan keterampilan staf mereka,' ujarnya. 

Dengan pelatihan online, staf dapat mempelajari cara menggunakan teknologi baru, melayani pelanggan secara lebih profesional, dan memahami cara kerja bisnis digital dengan lebih baik.

Dengan berbagai solusi tersebut, UMKM retail dapat mengatasi berbagai tantangan yang muncul di era digital, seperti memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul. 

PLN Icon Plus tidak hanya memberikan teknologi yang andal, tetapi juga mendukung pertumbuhan UMKM retail untuk menjadi lebih kompetitif.

"Dengan konektivitas internet yang kuat, teknologi cloud, dan solusi inovatif lainnya, UMKM retail memiliki peluang besar untuk bersinar di tengah persaingan," ucapnya.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update