Tiga Perkara yang Tak akan Terputus dan Jadi Amal Jariyah saat Sudah Meninggal, Ada Doa Anak Saleh

Novie Fauziah, Jurnalis
Ilustrasi doa anak salih salah satu amal jariyah ketika orangtua sudah meninggal dunia. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Saat manusia meninggal dunia, terputuslah semua urusan. Mulai dari harta, jabatan hingga segala urusan duniawi tak akan dibawa mati. Namun, terdapat tiga perkara yang tidak akan terputus dan menjadi jariyah sampai akhirat nanti.

Dalam riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang salih." (HR Muslim nomor 1631)

Ustadz Dhanu mengatakan tiga perkara yang tidak akan putus setelah meninggal dunia yaitu di antaranya sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak salih.

1. Sedekah jariyah

Sedekah jariyah ini, kata Ustadz Dhanu, memang sedekah yang keluarkan ketika masih hidup, diberikan kepada siapa pun yang membutuhkan dan dengan catatan niatnya Lillahi ta'ala.

"Jadi sedekah itu jangan kita niatkan cari untung di dunia," katanya, dikutip dari kanal YouTube MNCTV Official, Rabu (8/6/2022).

2. Ilmu yang bermanfaat

Menurut Ustadz Dhanu, ilmu yang bermanfaat tidak hanya untuk kepentingan duniawi, akan tetapi dapat menyelamatkan manusia hingga akhirat nanti.

"Bahwasannya apa yang kita kerjakan di dunia itu satu, yaitu Lillahi ta'ala, diawali dengan Bismillah dan diakhiri dengan Alhamdulillah," tuturnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network