19 Bacaan Doa Dzikir Pagi Hari Ini: Insya Allah Dilancarkan dan Dimudahkan Segala Urusan

Hantoro
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 04:46 WIB
Ilustrasi mengamalkan dzikir pagi hari ini. (Foto: Pexels)

Awali hari dengan membaca amalan sunah dzikir pagi hari ini Kamis 23 Juni 2022 Masehi/23 Dzulqa'dah 1443 Hijriah. Dikerjakan setelah Sholat Subuh dan dapatkan rahmat besar dari Allah Azza wa Jalla.

Simak bacaan amalan zikir pagi ini, sebagaimana dirangkum dari buku 'Kumpulan Doa dari Alquran dan As-Sunnah yang Sahih' karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Daftar Bacaan Doa Dzikir Pagi

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Audzubillahiminasyaitonirojim bismillahirohmanirohim

"Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk."

1. Membaca Ayat Kursi satu kali

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ

الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta'khuzuhu sinatuw wa la na'um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi'iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai'im min 'ilmihi illa bima sya', wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ardh, wa la ya'uduhu hifzuhuma, wahuwal-'aliyyul-'azim

"Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Maha Hidup, yang senantiasa memelihara (makhluk-Nya), tidak tidur dan tidak pula tidur. Kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi Tidak ada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa yang ada di depan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa tentang Ilmu Allah kecuali apa yang Dia kehendaki. Tahta Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak sulit memeliharanya, Allah Maha Tinggi, Maha Besar." (Surat al-Baqarah: 255) (Dibaca sekali di pagi hari)

2. Baca Surat Al Ikhlas tiga kali

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Qul huwal laahu ahad Allah hus-samad lam yalid wa lam yoolad wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

"Katakanlah, Dia adalah Tuhan Yang Esa. Allah adalah (Rabb) yang kepadanya segala sesuatu bergantung. Dia tidak beranak dan tidak beranak. Dan tidak ada yang setara dengan-Nya." (Surat al-Ikhlas: 1-4) (Baca tiga kali)

3. Baca Surat Al Falaq tiga kali

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul a'uzuu bi rabbil-falaq min sharri ma khalaq wa min sharri ghasiqin iza waqab wa min sharrin-naffaa-thaati fil 'uqad wa min shar ri haasidin iza hasad

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Fajar, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam ketika gelap gulita, dan dari kejahatan tukang sihir yang meniup simpul, dan dari jahatnya orang yang iri ketika dia dengki'." (Surat al-Falaq: 1-5) (Baca tiga kali)

4. Baca Surat An-Naas tiga kali

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

Qul a'uzu birabbin naas malikin naas Ilaahin naas min sharril was waasil khannaas Al lazee yuwas wisu fee sudoorin naas minal jinnati wan naas.

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Rabb (yang memelihara dan mengendalikan) umat manusia. Raja umat manusia. Menyembah (Tuhan) umat manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada dari manusia. Dari jin. dan manusia'." (QS An-Naas: 1–6) (Baca pagi tiga kali)

5. Dzikir pagi dibaca satu kali

Di pagi hari, Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam membaca:

ا الْمُلْكُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ لَـهَ لاَّ اللهُ لاَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ لَهُ الْحَمْدُ لَى لِّ . لُكَ ا ا الْيَوْمِ ا ا ا الْيَوْمِ ا الْكَسَلِ الْكِبَرِ، ابٍ النَّارِ ابٍ ال

Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro as u’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri as u’dahu. Robbi a'udzu bika minal kasali sebagai u-il kibar. Robbi a'udzu bika min 'adzabin fin naari wa' adzabin fil qobri.

"Kami telah memasuki pagi hari dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji hanya milik Allah. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah SWT, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan Bagi-Nya segala puji. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Tuhan, aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini dan kebaikan setelahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan setelahnya. Ya Tuhan, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejahatan di hari tua. Ya Rabb, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur." (Baca sekali di pagi hari. HR Muslim 4/2088)

6. Zikir pagi dibaca sekali

Di pagi hari, Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam membaca:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.

"Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki pagi hari, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki malam hari. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan rahmat-Mu kami mati. Dan kepada-Mu lah kebangkitan. semua makhluk)." (Baca sekali di pagi hari. HR At-Tirmidzi nomor 3391, disahkan oleh Syekh Al Albani)

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini