get app
inews
Aa Read Next : Kisah Joram van Klaveren, Dulu Tulis Buku Anti-Islam Sekarang Mantap Jadi Mualaf

Delapan Fakta Unik Negara Belanda, dari Impor Narapidana hingga Membayar Karyawan yang Pakai Sepeda

Rabu, 13 Juli 2022 | 08:00 WIB
header img
Negara Belanda. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Fakta unik negara Belanda rupanya mengejutkan, di mana salah satunya menjadi bangsa yang impor Narapidana. Kok bisa? Yuk, cari tahu informasinya di sini.

Negara dengan Ibu Kota Amsterdam ini memiliki banyak hal yang belum diketahui khalayak ramai. Negara yang terletak di Eropa Barat dengan luas wilayah mencapai 41.543 km² ini berbatasan dengan Belgia di Selatan, laut Utara di bagian Utara dan Barat serta Jerman di bagian Timur.

Fakta-fakta Unik Negara Belanda

1. Bangsa yang Impor Narapidana

Fakta unik negara Belanda pertama adalah bangsa yang impor narapidana. Hal ini dikarenakan rendahnya tingkat kriminalitas di negara tersebut sehingga Belanda memasukkan para pelaku kejahatan agar pendayagunaan anggaran penjara terpakai.

Hal ini sangat berbeda dengan Indonesia yang tingkat keterisian penjaranya overload. Belanda malah mengimpor 240 narapidana dari negara Norwegia untuk mengisi tahanannya. Bahkan. pada tahun 2013 negara ini telah menutup setidaknya 19 penjara

2. Kebijakan Perlindungan Hewan Peliharaan

Belanda merupakan negara penyayang dan pelindung hewan peliharaan. Hal ini terbukti dari kebijakan pemerintah yang melarang hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing untuk berada di jalan raya. Ini dilakukan untuk melindungi mereka dari hal berbahaya yang sering terjadi serta membuat mereka tetap aman.

3. Tidak Ada Penjualan Bensin dan Diesel

Fakta unik negara Belanda selanjutnya adalah pada tahun 2025 pemerintah Belanda akan memberlakukan kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik. Alhasil, tidak akan ada lagi transportasi yang berdaya bensin maupun diesel.

Sebab itulah, mobil ramah lingkungan banyak tersedia dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga mobil biasa, diperkirakan selisihnya mencapai 15.000 euro. Pemilik kendaraan ramah lingkungan juga tidak diperkenankan membayar pajak alat transportasi pribadi tersebut. Wah, enak ya!

4. Jembatan Penyeberangan Hewan

Selain sangat melindungi kesejahteraan hewan peliharaan, negara produsen bunga tulip dan lili ini juga sangat memperdulikan kehidupan satwa lain. Hal ini dibuktikan dengan dibuatnya conducts, yaitu jembatan penyeberangan untuk fauna liar agar bisa

Fakta unik negara Belanda ini ternyata selain untuk membuat satwa nyaman dalam bermigrasi, upaya ini juga menjadikan penyelamatan bagi para satwa dari kepunahan.

5. Jalur Solar Road

Belanda memiliki inovasi untuk infrastruktur jalan masa depan bernama solar road. Solar road merupakan jalan raya berdaya matahari yang mulai dioperasikan sejak tahun 2015 lalu yang merupakan hasil kerja sama dari para akademisi, pemerintahan dan pihak swasta.

Solar road baru memiliki panjang 100 meter. Pembangunan ini memiliki maksud untuk memproteksi bumi dari pemanasan global, serta digunakan untuk pengisian kendaraan ramah lingkungan dan penerangan jalan tentunya.

6. Membayar Karyawan yang Memakai Sepeda

Kalau di Indonesia sepeda hanya digunakan segelintir orang untuk alat transportasi dan olahraga. Tetapi, fakta unik negara Belanda lainnya adalah membayar karyawan yang memakai sepeda untuk ke kantor. Kok bisa?

Ternyata, alasanya karena rumah mereka hanya memiliki jarak kurang lebih 15 kilometer yang dirasa dapat dicapai dengan menggunakan sepeda. Selain itu pemerintahan juga berupaya mengapresiasi mereka dengan potongan pajak senilai 0,22 dollar per km. Untuk itu, negara ini mengalokasikan dana sebesar US$ 390 juta untuk pelebaran jalan bagi para pesepeda sehingga nyaman dan aman.

7. Pencetus Perusahaan Dagang di Dunia

VOC atau singkatan dari Vereenigde Ostindie Compagnie merupakan perusahan persekutuan dagang pertama di dunia. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada 20 Maret 1602 dengan perusahaan dari Amsterdam, Delft, Rotterdam, Enkhuizen, Zeeland dan Hoorn.

Bahkan kepintaranya VOC dalam berniaga berhasil membeli rempah Nusantara dengan harga yang murah dan menjual kembali di Benua Eropa dengan harga yang sangat mahal. VOC berdiri melalui saran dari Johan Van Oldenbarnevelt dan mengalami masa kejayaan di Nusantara.

Para pemimpinnya, yaitu jenderal gubernur pertama VOC di Indonesia Pieter Both yang menguasai Batavia dan Frederik de Houtman yang wilayah kekuasaannya berada di Ambon. Namun karena adanya korupsi di internal VOC, perusahaan ini tutup pada 31 Desember 1799.

8. Penyimpan Naskah Kuno Milik Nusantara Terbanyak

Fakta unik negara Belanda yang terakhir adalah sebagai tempat penyimpanan naskah kuno milik Nusantara terbanyak di dunia. Di Perpustakaan Leiden Belanda menyimpan setidaknya 26 ribu naskah kuno milik Nusantara. Hal ini sangat berbeda dengan apa yang ada di negeri kita.

Dikutip dari data fakta, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Dra Sri Sularsih mengatakan bahwa Indonesia hanya menyimpan sekitar 10,3 ribu manuskrip saja. Sedangkan, naskah kuno tersebut disimpan dalam kumpulan dari Asia Tenggara di perpustakaan Leiden.

Jadi, bagaimana menurutmu soal fakta unik negara Belanda?

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut