Logo Network
Network

Selain One Piece, Ini Deretan Anime Populer yang Dilarang Tayang di Televisi Indonesia

Alviana Masrifah
.
Minggu, 17 Juli 2022 | 12:05 WIB
Selain One Piece, Ini Deretan Anime Populer yang Dilarang Tayang di Televisi Indonesia
Ada sejumlah anime yang dilarang tayang di Indonesia karena dinilai tidak cocok ditonton anak-anak. Ironisnya, sejumlah anime ini sempat disiarkan di televisi. (Foto: APMusicales.com)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah anime yang dilarang tayang di Indonesia menarik untuk dikulik. Pasalnya, anime-anime tersebut sempat disiarkan di televisi. Alasan pelarangannya bahkan bermacam-macam, dari cerita yang dinilai terlalu gelap, visual yang dianggap tak cocok ditonton umum, sampai muatannya yang dinilai tidak baik. Hal ini tentunya meninggalkan kekecewaan bagi penggemarnya.

Anime adalah platform hiburan yang berbentuk kartun. Dengan sebagian besar orang masih menganggap kartun adalah tontonan “hanya” untuk anak-anak, maka saat anime itu menyajikan cerita yang gelap, visual yang aduhai, atau humor dewasa, orangtua pun jadi khawatir. Ini bisa dimaklumi. Tapi, juga harus diingat kartun bukan hanya untuk anak-anak, karena sebagian ada yang memang dibuat untuk market orang yang lebih dewasa.

Yang membuat kecewa adalah anime-anime ini sempat tayang di televisi dan menjadi favorit penonton. Jadi, ketika itu, para penggemar tidak punya pilihan lain selain sedih karena tidak bisa menyaksikan kelanjutan serial itu lagi. Saat itu, streaming service belum seperti sekarang. Namun, kini, dengan menjamurnya layanan streaming service, penggemar pun bisa kembali menonton serial favorit mereka.

Daftar Anime Populer yang Dilarang Tayang di Televisi Indonesia

Lantas, Anime populer apa saja yang dilarang tayang di televisi Indonesia? Berikut ulasannya!

1. Death Note


Death Note. (Foto: Slash Film)

Death Note berkisah tentang Light Yagami, seorang remaja biasa yang hidupnya berubah setelah menemukan sebuah buku tulis ajaib yang jatuh dari langit. Buku itu, Death Note, ternyata bisa membunuh orang yang namanya tertulis di dalamnya. Awalnya, Light ingin menggunakan buku itu untuk menyingkirkan semua penjahat dari muka bumi. Tapi, semakin lama, dia malah terkonsumsi menjadi orang jahat.

Death Note adalah salah satu anime yang dianggap paling kontroversial. Anime ini sempat tayang di Indonesia. Tapi, karena banyaknya adegan pembunuhan di dalamnya, anime ini pun dilarang tayang di Indonesia. Meskipun sempat tayang tengah malam, tidak banyak orang yang menonton anime ini.

2. One Piece


One Piece. (Foto AS USA)

Dulu, One Piece sempat menghiasi layar kaca di Minggu pagi. Anime ini pun sangat populer setelah dirilis pada 1999. Serial berkisah tentang petualangan Luffy dan Perompak Topi Jerami untuk mencari harta karun One Piece. Selayaknya shounen, anime ini menarik minat banyak orang, terutama anak laki-laki. 

Tapi, setelah beberapa lama tayang, anime ini akhirnya dilarang tayang. Alasannya? Gambar visualnya terlalu vulgar dan dianggap tidak cocok untuk ditonton anak-anak di bawah umur. Belum lagi sejumlah karakternya adalah perokok.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini