get app
inews
Aa Read Next : Kisah Pendeta yang Bikin Rasulullah SAW Tertawa Lepas

Ini Adab-adab Minum yang Baik Sesuai Ajaran Rasulullah, Salah Satunya Minum dengan Tangan Kanan

Senin, 18 Juli 2022 | 10:19 WIB
header img
Ilustrasi adab-adab minum sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Istimewa/Medicalnewstoday)

4. Minum dengan tangan kanan

Tangan kanan digunakan untuk melakukan hal-hal baik. Begitu pula saat minum, di mana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pula bersabda agar manusia makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hal ini dipercaya akan membawa berkah dan membuat tubuh menjadi lebih segar lagi.

5. Dilarang minum langsung dari mulut teko/ceret

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, "Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya." (HR Bukhari nomor 5627)

Menurut sebagian ulama minum langsung dari mulut teko hukumnya adalah haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Maka seyogianya orang yang hendak minum, tuangkanlah terlebih dahulu ke dalam gelas, kecuali dalam keadaan terpaksa.

6. Menutup tutup wadah minum pada malam hari

Biasakan diri untuk menutup wadah tempat minum berada pada malam hari dan jangan lupa mengajarkan anak-anak tentang hal ini. Sebagaimana hadis dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda, "Tutuplah bejana-bejana dan wadah air. Karena dalam satu tahun ada satu malam, ketika ituturun wabah, tidaklah ia melewati bejana-bejana yang tidak tertutup, ataupun wadah air yang tidak diikat melainkan akan turun padanya bibit penyakit." (HR Muslim)

7. Bersyukur

Hendaklah merasa puas dan bersyukur dengan minuman yang ada, dan usahakan untuk tidak mencelanya karena segala sesuatu yang didapatkan merupakan berkah yang harus selalu disyukuri adanya.

Allahu a'lam bisshawab.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut